Resep dan Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang Yang Lezat

Daftar Isi

Cilok adalah sebuah jajanan dan camilan yang diminati oleh semua kalangan, baik itu anak anak atau orang dewasa sekalipun. Memiliki rasa gurih dan teksturnya yang kenyal menjadi alasan utama semua orang menyukainya. Hampir semua orang suka kepadanya, karena cilok banyak di jual belikan di tiap penjuru daerah.


Jika kamu penggemar jajanan tradisional ini, bagaimana jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Mengingat bahan yang di perlukan untuk membuat cilok pun sangat mudah untuk di jumpai dan banyak di jual di pasaran. Cilok ini memiliki bahan utama  tepung tapioka atau dalam Bahasa sunda adalah aci.


Perlu kamu ketahui, cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Dinamakan seperti itu, hampir di semua penjual akan menyediakan tusukan bambu untuk menusuk cilok tersebut lalu memakannya. Banyak orang yang bilang, cilok merupakan jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang tepatnya di Kota Bandung. Namun hingga saat ini asal asli dari cilok tersebut belum di ketahui pastinya.


Sejatinya ada banyak jenis cilok, namun yang kami berikan resep di bawah ini adalah resep cilok bumbu kacang. 


Resep dan Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang Yang Lezat



Bahan Bahan


Bahan bahan ini merupakan bahan untuk membuat cilok dan bumbu kacang nya. Pastikan semua bahan sudah lengkah ya!

  • Tepung Tapioka
  • Tepung Terigu
  • Garam
  • Merica
  • Bawang Putih
  • Bumbu Pelengkap
  • Air Hangat
  • Kacang Tanah Goreng
  • Bawang Merah
  • Cabai Rawit
  • Cabai Keriting Merah
  • Kecap
  • Gula Merah


Dari bahan bahan di atas jangan lupa untuk cuci terlebih dahulu ya, agar terlihat lebih bersih. Setelah semua bahan terkumpul, maka kita akan lanjut membuat ciloknya terlebih dahulu.


Langkah Membuat

Sebelum mulai membuat cilok, alangkah baiknya untuk membaca doa terlebih dahulu ya. Agar masakan cilok yang kita buat memiliki rasa yang sangat lezat.


  1. Campurkan 250 gram tepung tapioka dan 5 sdm tepung terigu hingga menjadi satu adonan. Jangan lupa masukan juga garam, merica dan bawang putih. Ketika sedang di aduk, jangan lupa kamu rasakan juga rasa bumbunya agar tidak hambar. Agar adonan bisa dibentuk, tuangkan air sedikit demi sedikit supaya adonan bisa di bentuk.
  2. Didihkan air, setelah air mendidih, bentuk adonan menjadi bulat kecil kecil lalu masukkan ke dalam air yang mendidih tersebut.
  3. Masukan semua adonan cilok ke dalam air yang mendidih, setelah cilok mengapung kamu angkat lalu tiriskan.


Setelah adonan cilok semua sudah beres, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat bumbu kacang.


  1. Ulek kacang tanah, bawang merah/putih, cabai rawit, cabai keriting hingga halus. Jangan lupa beri sedikit air.
  2. Panaskan wajan. Setelah wajan panas, masukan bumbu yang di haluskan tadi dengan beri tambahan kecap, gula merah dan garam. Tunggu panas dan aduk terus sampai minyaknya keluar.
  3. Jika semua sudah selesai, angkat bumbu kacang tadi dan hidangkan.


Setelah semua cilok dan bumbu kacang matang, maka cilok siap kamu hidangkan dan siap kamu makan bersama sama keluarga dan tetangga.


Mudah sekali kan untuk membuat sebuah camilan yang enak. Biasanya jika sebuah jajanan yang bernama cilok ini di buat sendiri akan mempunyai rasa yang enak dan juga khas. Semoga resep membuat cilok ini bisa memberikan ilmu masak untuk kamu ya. Terima kasih.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar