Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Daftar Isi

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop


Cara Melihat Spesifikasi Laptop - Laptop laptop atau notebook adalah laptop pribadi yang relatif kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa. Beratnya berada di antara 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C, yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop umumnya bertahan sekitar 2 hingga 6 jam sebelum mati. Cara penggunaan baterai boros tergantung dari spesifikasi dan ukuran baterai. Laptop laptop kadang disebut juga laptop laptop atau laptop laptop, ukuran yang lebih kecil disebut netbook.


Sebagai laptop pribadi, laptop pada umumnya memiliki fungsi yang sama dengan laptop desktop. Komponen di dalamnya sama dengan komponen desktop, hanya saja lebih kecil, lebih ringan, tidak panas dan lebih hemat energi. Sebagian besar laptop menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display), mulai dari 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, terkadang ada touchpad yang berfungsi sebagai "pengganti" mouse pada keyboard laptop. Keyboard dan mouse tambahan dapat dipasang melalui soket Serial Bus Universal atau PS/2 bila tersedia.


Tidak seperti laptop desktop, laptop memiliki komponen tambahan yang dirancang khusus untuk mengakomodasi sifat laptop yang portabel. Karakteristik utama komponen laptop adalah ukurannya yang kecil, konsumsi daya yang rendah, dan efisiensi. Harga laptop cenderung lebih mahal, tergantung merek dan spesifikasi komponennya, namun harga laptop semakin mendekati harga desktop seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen. Namun kini dengan berbagai desain yang menarik dan kekinian, laptop menjadi semakin ringan dan tipis, serta semakin canggih dari segi teknologi.


Spesifikasi laptop atau notebook adalah deskripsi teknis dari komponen dan kemampuan laptop, mulai dari kecepatan prosesor hingga model hingga deskripsi pabrikan. Kecepatan prosesor biasanya dinyatakan dalam gigahertz (GHz). Semakin tinggi angkanya, semakin cepat laptop bekerja. Sedangkan Random Access Memory (RAM) biasanya tertera dalam gigabyte (GB). Semakin banyak RAM yang dimiliki laptop, semakin banyak yang dapat dilakukan sekaligus.


Dalam sistem ini, memori adalah urutan byte bernomor (seperti "sel" atau "direktori"), yang masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini dapat berupa perintah untuk memberi tahu laptop apa yang harus dilakukan. Sel dapat berisi data yang dibutuhkan laptop untuk melakukan perintah. Setiap slot dapat menampung apa saja, dan apa yang sekarang menjadi data dapat menjadi perintah.


Ruang hard disk (terkadang disebut ROM) biasanya dinyatakan dalam gigabyte (GB) dan umumnya mengacu pada jumlah informasi (seperti dokumen, musik, dan data lainnya) yang dapat disimpan oleh laptop. Spesifikasi lain termasuk adaptor jaringan (ethernet atau wi-fi), kemampuan audio dan video.


Mengetahui spesifikasi laptop memungkinkan Anda menyesuaikan beban yang dapat ditangani laptop Anda dan batasannya. Tentunya spesifikasi dari laptop menunjukkan kegunaan dari laptop tersebut. Seperti laptop yang hanya bisa digunakan untuk tugas administratif seperti menulis dan mendesain untuk kerja, gaming dan desain.


Cara melihat spek laptop dengan buka setting. Cara paling dasar dan termudah untuk mengecek spesifikasi laptop adalah dengan membuka "pengaturan/pengaturan" pada perangkat Anda. Ikhtisar konfigurasi sistem laptop atau PC Anda kemudian akan tersedia. Begini caranya:


  1. Pertama, buka Setting/Pengaturan.
  2. Klik Sistem.
  3. Lalu ketuk Tentang.
  4. Akan muncul spesifikasi laptop/PC kamu


Anda dapat melihat nama laptop Anda (biasanya digunakan untuk transmisi Bluetooth), jenis prosesor, jumlah RAM, versi, edisi, dan detail tentang sistem keamanan laptop Anda.


Berikut cara melihat spesifikasi laptop dengan hanya klik This PC in My Computer


Inilah cara tercepat untuk memeriksa spesifikasi laptop Anda:


Pertama, Anda dapat membuka Windows Explorer atau menggunakan pintasan dengan menekan "Windows + E" di keyboard Anda. Kemudian anda hanya perlu klik kanan pada My Computer atau This PC. Kemudian pilih properti.  Anda bisa langsung melihat beberapa informasi mengenai spesifikasi laptop Anda, seperti tipe, kecepatan, jumlah RAM, dll.


Cara melihat spek laptop menggunakan DXdiag


Cara mudah ketiga untuk mengecek spesifikasi laptop atau PC adalah dengan menggunakan DXdiag. Caranya terbilang praktis dan sederhana, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka RUN atau dengan mengklik 'Windows+R' pada keyboard Anda
  2. Kemudian ketik kata dxdiag di bidang "buka:".
  3. Setelah itu pilih dan klik OK
  4. Anda juga dapat melihat berbagai informasi tentang spesifikasi laptop Anda.
  5. Di versi sistem, Anda bisa melihat spesifikasinya di windows, 64 atau 32 bit.


Cara melihat spek laptop dengan CPU-Z


Cara melihat spek laptop dengan CPU-Z dibandingkan dengan cara sebelumnya sudah cukup dengan memanfaatkan fitur yang sudah tersedia di laptop atau PC Anda. CPU-Z adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu Anda melihat spek laptop Anda, berikut caranya:

  1. Silakan download dan install CPU Z di PC atau laptop anda
  2. Setelah CPU Z terinstal sepenuhnya, buka aplikasi dan Anda dapat langsung melihat informasi spesifikasi detail.
  3. Anda dapat melihat detail tentang CPU dari nama prosesor hingga kecepatan inti Anda di kolom CPU.


EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar