Strategi Pemasaran Online dengan Twitter

Daftar Isi

 

Strategi Pemasaran Online dengan Twitter
Strategi Pemasaran Online dengan Twitter

Sebagai salah satu sosial media yang populer saat ini, penggunaan Twitter tidak hanya terbatas sebagai sarana berkomunikasi jarak jauh, tapi juga sebagai sarana pemasaran. Banyak pemilik bisnis online yang memanfaatkan kepopuleran Twitter untuk memasarkan barang atau jasa yang mereka jual.


Hal ini terbilang cukup efektif mengingat pengguna twitter terhitung jutaan orang di seluruh Indonesia.


Meskipun terlihat mudah, sebenarnya ada beberapa strategi yang perlu dipahami terlebih dahulu agar promosi yang dilakukan bisa tepat sasaran dan mengundang banyak pembeli. Hal inilah yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum melakukan pemasaran melalui Twitter.


Langkah – Langkah Membangun Audiens


Sudah banyak kisah bisnis online yang sukses dengan menggunakan Twitter sebagai salah satu media promosi. Mungkin hal ini terlihat sederhana, namun sebenarnya ini tidaklah semudah yang dipikirkan karena melakukan promosi di Twitter bukan hanya sekedar mengunggah foto dan memberikan rincian produknya. Ada banyak hal lain yang harus dilakukan misalnya menggunakan Hashtag, meng-update tweet secara teratur dan meningkatkan jumlah follower.


Untuk pengguna baru twitter, hal ini mungkin cukup membuat mereka terintimidasi. Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu agar pemula dapat memaksimalkan kegunaan twitter sebagai media promosi. Sebelum men-tweet dan memulai promosi di akun twitter, ada baiknya untuk mem-follow beberapa akun dan melihat apa yang mereka lakukan setiap harinya sehingga mereka punya banyak follower.


Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi Twitter Search yang bisa membantu pemula memantau kejadian-kejadian yang ada di Twitter. Cukup klik link-mya dan pelajari apa yang ada di dalamnya. Setelah Anda mempelajari beberapa hal penting, maka Anda bisa mulai membagikan hal-hal yang bermanfaat di Twitter Anda.


Jika isi tweet menarik, maka akan ada orang lain yang akan meneruskan isis tweet Anda, dan follower dari orang tersebut pun bisa meneruskannya kembali. Hal ini dapat terus dan terus berlanjut sehingga akun twitter Anda akan dikenal beberapa orang.


Selain itu, jika Anda juga bisa membagikan artikel yang bermanfaat atau informasi apa pun yang mungkin menarik follower Anda sehingga jumlah audiens bisa terbangun dengan baik. Saat membuat akun, pastikan bahwa Anda memberikan informasi lengkap tentang diri Anda.


Biasanya, orang yang tertarik dengan Anda, akan mencari tahu siapa Anda. Jadi, pilihlah gambar profil yang baik sesuai dengan bisnis Anda dan tulis sesuatu yang bisa membantu Anda menjual apa yang Anda tawarkan di kolom bio.


Salah satu cara paling efektif untuk membangun audiens dengan cepat di Twitter adalah dengan meminta bantuan dari orang lain. Saat ini sudah banyak akun-akun influencer di Twitter yang dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan jumlah follower. Ada beberapa cara membedakan akun influencer dengan akun-akun biasa. Akun influencer pasti memiliki banyak follower dan nilai Klout yang tinggi. Selain tersebut, akun-akun tersebut juga aktif di twitter.


Tips Memasarkan Barang atau Jasa di Twitter


Memiliki akun twitter sebenarnya sama halnya dengan memiliki sebuah rumah. Anda memiliki beberapa tetangga yang bisa tahu bagaimana keadaan Anda. Oleh karena itu, sebelum membagikan sesuatu di twitter, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengenali siapa tetangga Anda, yaitu followers. Hal ini akan membantu Anda lebih mudah menyesuaikan apa yang harus di tweet.


Ini adalah salah satu cara untuk membuat audiens lebih dekat dengan Anda. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan bersikap sebagai manusia, walaupun akun twitter Anda memiliki sebuah produk, brand atau merek. Bersikaplah seperti manusia dalam berbicara, bukan sebagai produk.


Anda harus lebih komunikatif dan interaktif terhadap audiens agar mereka bisa lebih dekat dengan Anda. Jadi, dalam membangun bisnis Anda di Twitter, Anda harus lebih ramah dalam membangun percakapan dengan audeins.


Anda bisa memulai percakapan yang menarik dengan audiens mengenai produk-produk yang Anda tawarkan sehingga Anda bisa tahu apa harapan audiens mengenai produk Anda di masa depan. Jika perlu, Anda bisa mencari seorang brand ambassador untuk produk Anda. Orang tersebut harus aktif dan memiliki banyak koneksi di luar.


Kalau bisa, orang tersebut juga harus memiliki pengaruh yang cukup besar di beberapa komunitas. Dengan memiliki seorang ambassador, maka pemasaran produk akan lebih lancar. Selain menawarkan produk, Anda juga perlu menawarkan beberapa hal yang lebih menarik misalnya kuis berhadiah atau beberapa info terkini. Jadi, jangan terlalu pasif hanya dengan memasarkan produk yang Anda tawarkan.


Untuk lebih memaksimalkan pemasaran, tautkan link web Anda di Twitter. Jika belum memiliki web, segeralah membuat web agar usaha yang Anda buat terlihat profesional dan tidak main-main. Jadi, setiap web Anda di-update, maka pelanggan dapat melihat-lihat produk yang Anda tawarkan melalui Twitter.


Beberapa hal di atas adalah poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam mengembangkan bisnis online melalui Twitter. Memang tidaklah mudah membangun audiens dan meningkatkan jumlah follower. Setiap hal harus dilakukan sedikit demi sedikit, tidak bisa instan. Pemilik usaha harus benar-benar sabar dan cakap dalam mengatur strategi-strategi pemasaran untuk menarik lebih banyak konsumen.


Jika diperlukan, Anda juga bisa melacak percakapan konsumen di Twitter untuk mengetahui apa yang mereka inginkan dan apa yang sedang trend saat ini. hal ini akan membuat bisnis online Anda lebih maju dan berkembang. Dengan strategi yang matang, Anda bisa mencapai keberhasilan sebagai bisnis dengan menggunakan media promosi yang gratis seperti Twitter.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar