Sirih, Fitofarmaka Populer Dan Multiguna

Daftar Isi

Sirih, Fitofarmaka Populer Dan Multiguna - Pustakawan Barru


PustakawanBarru.com - Peranan daun sirih sebagai tanaman obat (fitofarma) di masyarakat telah digunakan sejak zaman dahulu mulai dari ritual adat hingga kebutuhan sehari-hari. Khasiat tanaman merambat yang biasa dikunyah oleh para perempuan pada masa lampau ini begitu populer, baik mencegah dan mengobati penyakit hingga pemakaian untuk luka luar. Hal ini disebabkan karena daun sirih mengandung minyak atsiri yang di dalamnya terdapat senyawa seperti pati, betlephenol, gula, kavikol, seskuiterpen, dan zat zama yang berfungsi sebagai pembunuh kuman dan anti jamur.


Manfaat daun sirih yang utama adalah sebagai antioksidasi dan fungisida. Sifat daun dari tanaman yang bisa tumbuh merambat hingga 15 m ini dapat menyembuhkan luka, menekan pendarahan pada luka, dan berfungsi sebagai pencegah gangguan sistem pencernaan. Senyawa fenol dan kavikol pada tanaman yang memiliki nama binomial Piper Betle ini sebagai pengendali hama penghisap dan biasa digunakan sebagai pestisida alami.


Ada banyak manfaat daun sirih selain sebagai penghilang bau badan dan menghentikan batuk. Khasiat daun tanaman yang berakar tunggang ini sudah teruji klinis dan hingga kini masih dikembangkan penemuan baru. Manfaat utama adalah sebagai obat berbagai macam penyakit yang bisa dimanfaatkan di dunia kesehatan, di bawah ini dan akan disebutkan caranya.


Mengobati sariawan

Ambil satu hingga dua lembar daun sirih dan cuci hingga bersih di air yang mengalir. Kemudian kunyah daun sampai lumat lalu buang ampasnya setelah sari dari daun sirih ditelan.


Mengobati bronkitis

Ambil tujuh lembar daun sirih kemudian cuci hingga bersih. Rebus ketujuh daun tersebut dalam dua gelas air dan campurkan sepotong gula batu. Didihkan hingga tersisa satu gelas saja, kemudian minum tiga kali sehari, sepertiga gelas setiap kali minum.


Mengurangi gatal dan iritasi pada mata

Rebus lima sampai enam lembar daun sirih yang muda setelah dicuci bersih. Tunggu sampai air rebusan menjadi dingin dan gunakan untuk mencuci mata yang gatal dan atau iritasi selama tiga kali sehari hingga sembuh.


Mengatasi keputihan

Ambil sepuluh lembar daun sirih kemudian rebus semuanya dalam dua setengah liter air bersih hingga mendidih. Bilas dan atau cuci vagina dengan menggunakan air rebusan yang masih hangat.


Mengatasi jerawat

Tumbuk halus tujuh sampai sepuluh lembar daun sirih yang telah dicuci hingga bersih, kemudian diseduh dengan dua gelas air panas. Air tersebut digunakan untuk mencuci muka, dua hingga tiga kali dalam sehari.


Mengobati bisul

Giling daun sirih secukupnya (sesuai dengan ukuran bisul) setelah dicuci bersih. Giling sampai halus kemudian oleskan pada bisul. Balut bisul dan jangan lupa untuk menggantinya dua kali dalam satu hari.


Mengurangi mimisan

Memarkan satu daun sirih muda kemudian gulung untuk menyumbat hidung yang mimisan.


Menghentikan gusi yang berdarah

Ambil empat lembar daun sirih dalam dua gelas air setelah dicuci dengan bersih. Biarkan hingga air menghangat kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur hingga menghentikan gusi yang berdarah.


Mengurangi air susu ibu (ASI) yang keluar berlebih

Cuci beberapa lembar daun sirih kemudian olesi daun tersebut dengan minyak kelapa. Hangatkan daun sirih di atas api sampai layu dan tempelkan di sekeliling payudara (yang biasanya membengkak) selagi daun masih hangat.


Mengurangi batuk

Rebus lima belas lembar daun sirih dalam tiga gelas air dan didihkan hingga tersisa tiga perempat bagian kemudian minum air yang menghangat bersama madu untuk mengurangi batuk.


Beberapa di atas merupakan manfaat daun sirih yang bisa dilakukan dalam mengobati beberapa penyakit. Semoga bermanfaat.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar