Manfaat Buah Selasih Untuk Kesehatan

Daftar Isi

Manfaat Buah Selasih Untuk Kesehatan


Tau buah selasih kan?? Selalu ada yang bertanya termasuk saya, biji selasih seperti apa sih pohonnya, ada yang bilang berasal dari kemangi, ada yang bilang berasal dari thai basil, entah mana yang benar. Yang pastinya basil dan kemangi masih satu keluarga, terserah deh siapa satu yang punya biji. Jika sobat ingin banget tau, coba tanam sendiri saja biji mungil nya hingga tumbuh tanaman baru, mungkin dengan begitu sobat bisa tau itu kemangi tulen atau thai basil, atau jenis basil lainnya. hehehe.


Kita mengenal buah selasih untuk kesehatan memang telah di praktekkan dari dulu. Dengan mudah biji mungil ini bisa kita temukan dipasar-pasar tradisional, di supermarket juga ada yang telah di kemas dalam botol plastik kemasan. Ada juga berupa minuman siap minum yang di jual dalam botol dan telah dicampur dengan rempah-rempah lainnya, sehingga air selasih menjadi warna merah, tentu ini jadi penambah dari sederet manfaat khasiat nya.


Baca Juga : 9 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut dan Kulit Kepala Juga Untuk Rambut Bayi


Selasih berwarna hitam, bentuk nya sangat halus kecil-kecil, banyak di pergunakan untuk campuran minuman, seperti jelly, es buah, puding, dan aneka jus lainnya. Bentuknya seperti telur katak jika telah di rendam lebih kurang 1 jam dalam air panas, kenapa demikian ?? karena biji selasih yang di rendam dengan air panas akan mengeluarkan selaput berwarna bening di sekeliling biji. Lantas apa saja manfaatnya untuk kesehatan ??


Kandungan selasih

Selasih memiliki kandungan Serat, Vitamin A, Vitamin C, antioksidan, Mineral, lemak, karbohidrat, dan beberapa senyawa yang lain nya. Imut bentuk nya tapi segudang zat penting di dalam nya. Jadi sobat tak perlu ragu lagi untuk minum dan makan biji yang telah diolah setiap hari.


Manfaat selasih untuk kesehatan


Khasiat selasih untuk asam lambung 

Mengobati sembelit dan menurunkan kadar asam lambung, ini adalah khasiat selasih untuk kesehatan yang pertama. Konsumsi selasih bisa memperbaiki segala masalah pencernaan seperti mengatasi rasa mual dan perut kembung. Serat nya yang tinggi akan menyehatkan lambung dan dapat melancarkan proses pembuangan sisa-sisa kotoran. 


Baca Juga : Kanker Lambung Gejala, Penyebab Beserta Pengobatannya


Selasih manfaat untuk tulang

Mengkonsumsi minuman selasih secara teratur dapat menguatkan tulang. Kalsium yang terdapat dalam selasih adalah zat yang di butuh kan oleh tulang agar tetap kuat dan padat, sehingga osteoporosis akan menjauh.


Manfaat selasih menurunkan kadar gula darah

Selasih dapat mengontrol kadar gula darah dan membuat nya kembali normal. Bagi para penderita penyakit diabetes, mengkonsumsi nya di saran kan jangan  menambah dengan gula pasir. Dengan begitu minuman ini akan semakin membawa segala kebaikan. Minuman Ini juga sangat bermanfaat untuk membuat jantung semakin meningkat kesehatan nya. 


Manfaat biji selasih untuk batuk. asma dan sakit kepala

Minum biji selasih dapat mengobati batuk rejan dan sebagai pengencer dahak, sehingga saluran pernafasan kembali lega. Minuman ini juga dapat menyembuhkan rasa sakit kepala yang sering kali datang di saat kita terserang batuk, demam dan flu. Cara mengolah nya dengan merebus selasih secukup nya dan di tambah dengan jahe secukup nya juga. Ramuan ini sangat baik di minum karena mengandung zat analgetic yang dapat menghilangkan rasa sakit.


Gangguan pernafasan bisa kembali plong dengan cara mencampurkan biji selasih bersama dengan wedang jahe. Kandungan Vitamin A yang terdapat di dalam nya juga mampu mencegah penyakit ISPA dan membuat penyakit asma menjadi ringan


Baca Juga : Cara Ampuh Mengobati Sakit Kepala Tanpa Obat


Manfaat biji selasih untuk infeksi kulit

Selasih dapat mengobati infeksi pada kulit. Minyak yang berasal dari ekstrak biji selasih dapat di gunakan sebagai penyembuh untuk luka dan infeksi kulit lainnya. 


Manfaat biji selasih untuk imsomnia

Kondisi tubuh yang stres bisa pulih segar dengan minum ramuan selasih, sekaligus sebagai terapi untuk penenang. Biji ini juga dapat membantu mengobati gejala penyakit insomnia. Ini dapat menjadi pilihan alami buat para penderita insomnia karena akan membuat pikiran tenang dan tidur pun akan berkualitas tentu nya.


Manfaat biji selasih untuk kecantikan 

Buah selasih manfaatnya untuk wajah dan kulit bisa dipergunakan sebagai masker. Dengan cara tumbuk biji hingga halus, gunakan sebagai masker pada wajah. Cara ini akan semakin membuat wajah cerah dan terbebas dari jerawat karena mendapatkan nutrisi yang tak terhingga dari biji selasih. Di samping itu flek-flek hitam pada wajah juga akan memudar. Atau jika mengkonsumsi nya dengan teratur juga dapat membuat kulit menjadi lembab dan sehat. Vitamin C nya akan membuat kulit tubuh tercegah dari terjadi nya penuaan dini. 


Baca Juga : Memanfaatkan Alpukat untuk Kecantikan Wajah


Manfaat selasih dan jeruk nipis untuk perokok

Khasiat selasih untuk kesehatan sangat baik untuk perokok, apa lagi jika dipadu pengolahan nya dengan perasan jeruk nipis. Selasih berfungsi untuk mengurangi efek nikotin yang ada di dalam tubuh. Dengan rutin meminum selasih, baik itu di campur dengan minuman lain atau pun di konsumsi tanpa campuran, itu akan sangat mengurangi efek negatif dari nikotin. 


Manfaat biji selasih untuk diet

Buah selasih sangat berguna untuk mengatasi berat badan yang berlebihan. Masalah berat badan kerap kali menjadi salah satu penyebab datang nya berbagai penyakit. Banyak metode penurunan berat badan yang terkadang tidak membawa banyak keberhasilan. 


Mungkin sobat bisa beralih ke selasih, dan memanfaatkan cara alami ini sebagai terapi untuk melakukan diet. Serat yang ada pada selasih dapat mengontrol nafsu makan, jadi tetap kenyang, meski dalam kondisi diet. Cara ini bisa di jadikan salah satu menu favorit untuk orang-orang yang susah menurunkan berat badan. Di samping itu ramuan ini juga ampuh untuk membantu mengatasi perut yang buncit sekaligus sebagai detox alami untuk mengeluarkan semua racun-racun yang terdapat di dalam tubuh. 


Baca Juga : Langkah Menurunkan Berat Badan Dengan Diet DASH


Tanaman selasih meningkatkan sistem imun

Selasih memiliki anti oksidan dan vitamin C yang sangat tinggi yang di butuh kan oleh tubuh. Dengan meningkat nya sistem imun atau daya tahan tubuh, maka akan semakin menjauh kan kita dari serangan berbagai macam penyakit. 


Manfaat biji selasih untuk panas dalam

Mengobati panas dalam. Manfaat selasih untuk yang satu ini tak perlu di ragukan lagi, benar-benar mantul buat mengusir panas dalam. Sifat zat coolant yang di miliki oleh nya dapat dengan cepat menyembuhkan demam dan menurunkan panas yang terdapat di dalam tubuh. Minuman ini juga sangat baik untuk mencegah terjadi nya peradangan. Cara penggunaan tinggal rebus atau seduh dengan air panas mendidih hingga mengembang, setelah dingin minum dengan teratur.


Buah selasih untuk mata

Salah satu khasiat selasih lain nya yaitu dapat menyehatkan penglihatan. Selasih sangat banyak sekali mengandung vitamin A yang tinggi. Kandungan Vitamin yang tinggi ini diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi biji selasih secara teratur di percaya dapat membantu mencegah penyakit katarak pada mata. 


Baca Juga : Rahasia Penyembuhan Mata Bengkak dengan Cepat dan Mudah


Manfaat biji selasih buat rahim dan kesuburan pria wanita

Manfaat biji selasih untuk promil yaitu dengan meminum ramuan ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan sekaligus memperbaiki kualitas sperma. Kandungan zat afrosidiak yang terdapat di dalam nya sangat bermanfaat untuk nenambah masa hidup sperma menjadi lebih bertahan lama. Ini juga dapat menyehatkan rahim pada wanita sekaligus membuat nya subur. Baik juga di konsumsi wanita hamil dan janin yang berada dalam kandungan karena mengandung nutrisi yang di perlukan sebagai penunjang kesehatan janin, sehingga menjadi salah satu cara untuk menurunkan risiko bayi lahir dalam keadaan cacat. 


Manfaat buah selasih untuk menjaga kesehatan rambut

Mempunyai rambut yang sehat, indah, berkilau adalah idaman semua orang. Untuk mendapat kan itu semua caranya sangat mudah. Dapat di lakukan dengan rutin mengkonsumsi minuman selasih secara teratur. Fungsinya di sini dapat meningkatkan terbentuknya kolagen pada rambut serta sekaligus dapat melembapkan kulit kepala. Cara penggunaan lainnya yaitu dengan menumbuk halus bijinya dan menjadikannya sebagai campuran pada minyak  kelapa setelah itu dapat di balur pada rambut dan kulit kepala untuk dan diamkan selama 1 jam. 


Itulah beberapa manfaat buah selasih untuk kesehatan, mungkin lebih dari itu ya. Buat sobat yang belum pernah mencoba, sekarang pergi buruan coba, dan rasakan khasiat nya untuk membuat badan semakin segar dan fit. Oh iya, minum air selasih sekaligus telan bersama biji-biji nya ya, jangan ada yang terbuang. selamat mencoba.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar