6 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Anda Ketahui

Daftar Isi
Manfaat daun sirih - Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman yang sering ditemukan di pekarangan rumah, baik pedesaan maupun perkotaan. Tanaman hijau memiliki banyak kandungan, seperti kavibetol, kavicol, estragol, hidrosikavicol, minyak atsiri, fenil, propana, tanin, pati, gula, dan sumber zat lainnya. Menjadikan daun sirih memiliki ragam manfaat baik untuk kesehatan atau kecantikan. Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari daun sirih :


Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Menyembuhkan Penyakit

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Untuk Sakit Jantung

Karena memiliki banyak kandungan zat, oleh karena itu daun sirih dapat dimanfaatkan sebagai alternatif obat sakit jantung. Cara mengaplikasikan Manfaat daun sirih sebagai obat penyakit jantung sangat mudah, yaitu ambil 3 lembar daun sirih yang kedudukan ruasnya disediakan kemudian cucilah. Siapkan juga 3 bawang merah, dan 4 buah biji kemukus. Tambahkan tiga bahan tersebut, dan tambahkan satu sendok teh jintan. Setelah ditumbuk hingga halus, tambahkan air matang 4 sendok makan. Aduklah hingga penuh, kemudian saring dan ambil airnya saja. Lakukan secara rutin dan teratur 2 kali sehari (pagi dan sore).


Untuk Mengatasi Bau Mulut

Memiliki bau mulut yang tidak sedap, tentu saja bisa membuat rasa percaya diri kita menjadi kendor. Anda akan malas berbicara dengan teman atau saudara Anda, karena sekali bicara bau mulut tak sedap akan tercium. Nah untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai obat alternatifnya, karena sirih menggunakan bahan alami yang mampu membasmi bakteri penyebab bau mulut. Caranya cukup mudah, rebuslah beberapa lembar daun sirih sampai mendidih. Kemudian ambil air rebusannya dan buatlah berkumur secara rutin dan teratur.


Untuk Mengatasi Mimisan

Mimisan adalah hasil dari darah, yang biasanya disebabkan oleh karena tubuh yang lelah. Nah salah satu cara untuk menghentikan darah tersebut yaitu menggunakan daun sirih. Caranya cukup mudah, ambil selembar daun sirih, patahkan bagian daunnya kemudian gulung. Setelahkan tubuh Anda, masukkan daun sirih ke dalam lubang hidung. Tunggu selama 15-30 menit, darah yang keluar tadi akan berhenti. Jangan mencoba untuk menyedot darah mimisan tersebut.


Untuk Mengatasi Jerawat

Manfaat daun sirih selanjutnya sebagai bahan alami mengatasi masalah jerawat yang membandel. Caranya mudah, ambil 12 lembar daun sirih. Campurkan dengan sepotong jahe. Kemudian letakkan ke dalam gelas, dan siram menggunakan air panas yang baru mendidih. Minumlah air ramuan tadi 3 kali sehari secara rutin dan teratur, maka jerawat dan kulit hitam di wajah akan memudar.


Untuk Mengatasi Sakit Gigi

Kandungan zat baik yang banyak, membuat daun sirih memiliki banyak Manfaat. Salah satunya untuk mengatasi masalah sakit gigi. Memang sakit parah sekali, sangat bisa membuat tidur tak nyenyak. Cara penggunaannya mudah, rebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan sampai tidak terlalu panas. Buatlah berkumur air tadi beberapa kali sampai sakit gigi tidak terasa lagi.


Mengatasi Keputihan

Mengalami keputihan sering membuat wanita resah, karena keputihan bisa menyebabkan bau yang tidak sedap di daerah vagina bahkan bisa menimbulkan penyakit kanker. Daun sirih yang mengandung antiseptik, memiliki manfaat sebagai nutrisi penyebab keputihan. Anda bisa mencoba mandi dengan menggunakan air rebusan daun sirih, untuk membersihkan daerah vagina.

Nah, 6 Manfaat daun sirih yang bisa kamu coba. Semoga salah satu penyakit Anda bisa diatasi dengan daun sirih dan bisa sembuh. Karena sehat itu menyenangkan, ayo sehat.

Posting Komentar