Keistimewaan Jari-Jari Tangan Menurut Falsafah Islam

Assalammualaikum Wr.. Wb..


PustakawanBarru.com - Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan kepada teman-teman sekalian artikel yang berisi tentang KEISTIMEWAAN TANGAN DAN JARI-JARI MENURUT FALSAFAH ISLAM.. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang keistimewaan tangan beserta jari-jarinya dalam islam..


Keistimewaan Jari-Jari Tangan Menurut Falsafah IslamAllah SWT maha besar dengan segala ciptaannya, menciptakan segala sesuatu dengan rahasia-rahasia yang tersembunyi di dalamnya..

Tidak hanya alam raya yang luas ini yang penuh dengan misteri dan pembelajaran, tetapi tubuh manusia bahkan jari-jari sekalipun memiliki artinya tersendiri.. Mari kita simak langsung uraiannya di bawah ini..


1. Jari Jempol..
Jari ini biasanya di sebut juga ibu jari adalah jari yang ukurannya paling besar diantara jari-jari lainnya.. Jari jempol juga merupakan jari yang menyatuhkan jari-jari yan lain, perhatikanlah saat kita menggenggam sesuatu, jempol berperan penting.. Jempol melambangkan rukun Islam yang pertama, yaitu membaca dua kalimah syahadat.. Membaca dua kalimah syahadat atau Tauhid Ilahi merupakan induk dari ajaran Islam.. Belum dikatakan sebagai orang Islam jika belum mengucapkan dua kalimah syahadat..

2. Jari Telunjuk..
Jika jari telunjuk di tegakan dan jari-jari lainnya di kepalkan, maka terlihat bahwa jari telunjuk merupakan jari yang menunjukan ketegakan kan ke kokohan, jari ini pun merupakan jari yang paling sering digunakan dan juga biasa di gunakan untuk menunjukan arah.. Dalam rukun islam jari telunjuk melambangkan rukun islam yang kedua yaitu sholat 5 waktu sehari semalam.. Sholat merupakan rukun islam yang merupakan tiang agama dan mengukur ke kokohan iman seseorang.. Sholat juga merupakan ibadah yang paling sering dilakukan dalam sehari semalam, juga merupakan penunjuk arah di jalan allah fisabilillah..

3. Jari Tengah..
Disebut jari tengah karena letaknya ditengah, jika disejajarkan dengan jari lain posisinya paling tinggi dan sebagai penyeimbang jari-jari lainnya.. Seperti halnya puasa, dengan puasa setiap orang Islam bisa meraih derajat kerohanian yang tinggi. Puasa juga bisa menjadikan orang yang menjalankannya bisa menahan hawa nafsu dan menyeimbangkan emosinya. Terhindar dari segala godaan maksiat..

4. Jari Manis..
Jari manis merupakan jari yang melambangkan kasih sayang dan kepedulian, sehingga dalam jari ini di pasangkan cincin pernikahan.. Dalam rukun islam jari manis melambangkan rukun islam yang ke empat yaitu mengeluarkan zakat atau bersedekah, zakat merupakan sarana ibadah yang melambangkan kasih sayang kita sesama manusia dan sebagai rasa kepedulian kita sebagai muslim kepada orang yang membutuhkan..

5. Jari Kelingking..
Jari kelingking merupakan jari terkecil diantara jari-jari lainnya dan juga sebagai pelengkap dan penyempurna.. Dalam rukun islam jari ini melambangkan rukun islam yang terakhir yaitu menunaikan ibadah haji.. Ibadah haji sendiri merupakan ibadah yang tidak di wajibkan oleh seluruh umat muslim, tetapi hanya yang mampu jasmani serta rohaninya saja yang di wajibkan.. Ibadah haji ini juga adalah sebagai penyempurna dari rukun islam dan sebagai seorang muslim..

Jari-jari kita yang apa bila di satukan maka akan menjadi satu kesatuan yang kokoh.. Sama halnya dengan rukun islam yang apa bila kita mengerjakan keseluruhannya maka akan membentuk iman yang kuat dan kokoh dalam diri kita..

Selain dari jari-jari, dalam tangan juga yaitu garis tangan melambangkan mukjizat Allah SWT, yaitu 99 asmaul husnah.. Garis utama kedua telapak tangan kita kalau di perhatikan bertuliskan dalam angka Arab yaitu : |/\ pada telapak tangan kanan, artinya : 18 dan /\| pada telapak tangan kiri, artinya : 81.. Jika kedua angka ini dijumlahkan, 18+81 = 99, yang melambangkan 99 sifat-sifat Allah SWT, asmaul husnah..

‌Ruas-ruas jari pun melambangkan nama Allah, jari kelingking melambangkan huruf alif, jari manis, jari tengah dan jari telunjuk melambangkan huruf lam yang double, sedangkan jari jempol melambangkan huruf ha'.. Maka jika di gabungkan jari-jari pada telapak tangan bisa di baca sebagai lafal Allah (dalam bahasa arab)..

Selain uraian di atas, ruas jari-jari pun melambangkan jumlah rakaat sholat bila di jumlahkan.. Jari kelingking ada empat ruas, jari manis ada empat ruas, jari tengah ada empat ruas, jari telunjuk ada empat ruas, jari jempol ada tiga ruas.. Jadi jika di jumlahkan keseluruhan maka hasilnya adalah 19.. 19 ini melambangkan jumlah rakaat sholat isya ada 4, subuh ada 2, lohor ada 4, ahsar ada 4, magrib ada 3, dan di tambah dengan 2 rakaat sholat sunah masuk masjid.. Dan apabila di jumlahkan maka hasilnya ada 19..

Sungguh maha besar Allah SWT dengan segala ciptaannya yang mengandung makna dan arti yang semata-mata bertujuan untuk meng-Esakan-Nya..

Semoga  bermanfaat dan kita semakin tahu akan kebesaran Allah SWT..

Wasalammualaikum Wr.. Wb..
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel