Definisi Pustaka, Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Kepustakaan

Definisi Pustaka

Apabila kita membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (1992) maka pustaka artinya buku. Tidaklah mengherankan bagi banyak orang bila mendengar istilah perpustakaan maka dalam benak mereka akan tergambar sebuah gedung atau ruangan yang dipenuhi rak buku. Dari kata pustaka muncul beberapa istilah baru, seperti perpustakaan, pustakawan, kepustakawanan, dan kepustakaan.

Definisi Pustaka, Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Kepustakaan

Definisi Perpustakaan

Karena ada kaitannya dengan buku maka definisi perpustakaan selalu dikaitkan dengan buku atau tempat yang berkaitan dengan buku. Perubahan komponen koleksi perpustakaan di samping perkembangan teknologi berpengaruh terhadap definisi perpustakaan.

1. Perpustakaan Berbasis Materi Perpustakaan Kertas

Definisi perpustakaan dapat dilihat dari segi koleksinya. Ketika koleksi perpustakaan masih berbasis kertas maka definisi perpustakaan adalah kumpulan buku dan materi lainnya yang disimpan untuk bacaan, belajar, penelitian, informasi, dan konsultasi.

2. Perpustakaan Berbasis Kertas dan Multimedia

Sehubungan dengan materi perpustakaan berbasis kertas dan multimedia maka ada yang memberi definisi perpustakaan ialah koleksi buku atau bahan tertulis lainnya, seperti bahan tercetak dan media audiovisual, seperti film, slaid (slide), kaset, piringan hitam, bentuk mikro, seperti mikrofilm, mikrofis, mikroburam, juga fasilitas untuk menyimpan bahan tersebut beserta lembaga yang bertanggungjawab atas pengelolaannya.

3. Perpustakaan Elektronik

Definisi perpustakaan secara elektronik adalah kumpulan materi tercetak, media noncetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang disusun secara sistematis untuk digunakan pemakai.

4. Perpustakaan Hibrida

Menurut Rusbridge (1998), perpustakaan hibrida didesain untuk menyajikan sejumlah jangkauan  (range) teknologi dari berbagai sumber bersama-sama dalam konteks sebuah perpustakaan dan juga muli menjelajah sistem dan jasa terpadu dalam lingkungan elektronik dan cetak.

5. Perpustakaan Maya6. Perpustakaan Tanpa Tembok

Definisi Kepustakawanan

Kepustakawanan, dalam bahasa Inggris disebut librarianship yang berhubungan dengan library science. Istilah kepustakawanan menyangkut penerapan ilmu perpustakaan terhadap praktik di perpustakaan.

Definisi Kepustakaan

Kepustakaan dalam hal ini mempunyai arti daftar buku (dalam arti luas)yang menyangkut suatu karya ataupun daftar buku yang digunakan untuk menyusun suatu karya tulis.


0 Response to "Definisi Pustaka, Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Kepustakaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel