Konsep Dasar Kerja Sama Perpustakaan dan Jaringan Informasi

Pustakawan barru - Pengertian kerja sama dengan jaringan dilihat dari segi sejarahnya agak berbeda. Pengertian kerja sama antarperpustakaan semula artinya kerja sama yang melibatkan dua perpustakaan atau lebih. Kerja sama ini diperlukan karena tidak satu pun perpustakaan dapat berdiri sendiri dalam arti koleksinya mampu memenuhi kebutuhan informasi.

Konsep Dasar Kerja Sama Perpustakaan dan Jaringan Informasi

Konsep Kerja Sama

Konsep kerja sama juga semakin didengungkan di dunia perpustakaan, tak terkecuali di antara perpustakaan di Indonesia. Istilah pinjam antarperpustakaan, silang layan, pemanfaatan bersama informasi (resource sharing) serta jaringan informasi yang banyak dipakai orang setelah teknologi komputer masuk ke dunia perpustakaan, sudah banyak dikenal bahkan diterapkan oleh perpustakaan, baik di tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.

Kerja sama di perpustakaan pada umumnya didasarkan pada keinginan secara sukarela dari perpustakaan yang bekerja sama, dengan alasan di antaranya:
  1. Meningkatkan jumlah buku yang terbit tiap tahun, perpustakaan tidak mampu berwasembada di bidang koleksi.
  2. Semakin banyaknya jenis koleksi baik jenis media cetak, elektronik atau multimedia.
  3. Perubahan perilaku pencari informasi, atau pemenuhan kebutuhan pemakai yang beragam.
  4. Tuntutan masyarakat untuk memperoleh informasi yang sama baiknya dengan tidak memandang di mana mereka berada.
  5. Berkembangnya teknologi informasi yang berdampak pada perubahan model layanan dan akses informasi.
  6. Tuntutan penghematan. Dalam hubungannya dengan kondisi perpustakaan yang rata-rata kemampuan finansialnya terbatas maka kita melihat bahwa strategi sinergi menjadi pilihan.

Pengertian Kerja Sama Perpustakaan

Di lingkungan perpustakaan, istilah jaringan mengacu pada perangkat keras, perangkat lunak, proyek, badan, dan sistem komunikasi. Perangkat keras di sini merujuk pada bentuk fisik misalnya:
  • perpustakaan
  • peralatan
  • alat yang digunakan di perpustakaan
Perangkat lunak berarti
  • Program
  • instruksi
  • rencana yang akan dilaksanakan
Bila dikaitkan dengan perpustakaan maka terbentuklah istilah jaringan perpustakaan. Istilah tersebut bermakna sebuah kumpulan perpustakaan yang melayani sejumlah badan, instansi atau lembaga atau melayani berbagai institusi yang berada di bawah yurisdiksi tertentu dan memberikan sejumlah jasa sesuai dengan rencana terpadu untuk untuk mencapai tujuan bersama..

0 Response to "Konsep Dasar Kerja Sama Perpustakaan dan Jaringan Informasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel