Pengertian Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Pengertian Ilmu Perpustakaan

Ilmu perpustakaan adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, penyimpanan, temu kembali, interpretasi, dan penyebarluasan informasi.

Pengertian Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Saat ini ilmu perpustakaan merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu seperti bahasa, psikologi, hukum, komputer, teknik komputer, komunikasi dan teknologi lain yang berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi.  Ilmu perpustakaan juga mempelajari tentang manajemen koleksi, sistem informasi dan teknologi, katalogisasi, klasifikasi, cara pengawetan, referensi, statistika, teknologi komputer, sistem informasi manajemen, manajemen basis data, arsitektur informasi, dan manajemen pengetahuan menuju suatu perpustakaan digital.

Pengertian Ilmu Informasi

Dengan makin berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi informasi, memunculkan bidang baru yaitu ilmu informasi. Secara lebih luas, ilmu informasi merupakan bidang interdisipliner yang mempelajari ilmu perpustakaan dan ilmu-ilmu lainnya.

Ilmu informasi sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya, dengan makin massifnya informasi, menyebabkan terjadi ledakan informasi serta munculnya kesulitan-kesulitan dalam penemuan informasi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya untuk dapat memudahkan pengumpulan, pengolahan, dan temu kembali informasi yang sesuai kebutuhan pengguna.



0 Response to "Pengertian Ilmu Perpustakaan dan Informasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel