Menu Sarapan Paling Khas Dari Daerah Indonesia

Menu Sarapan Paling Khas Dari Daerah Indonesia - Indonesia adalah negeri yang sangat kaya dan beragam, baik dari alam dan manusianya. Keanekaragaman suku dan budaya juga melahirkan keanekaragaman kuliner nusantara yang khas dan lezat. Kuliner tiap daerah bisa jadi memiliki persamaan yaitu dari penggunaan aneka rempah yang menjadi ciri khas kita, namun setiap kuliner pasti memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan daerah lain. Bahkan, beberapa daerah memiliki menu sarapan yang khas selain nasi goreng yang biasa disajikan ibu di meja makan di pagi hari.


Menu Sarapan Paling Khas Dari Daerah Indonesia


Nasi Gurih, Aceh

Mulai dari ujung sumatra, provinsi Aceh, Apa yang menjadi menu sarapan khas Aceh? Aceh terkenal akan ragam kuliner yang lezat dengan rasa pedas dan asin yang kuat. Masakan aceh juga biasa menggunakan rempah yang kaya dan sangat terasa, mirip masakan India. Kalau kamu tiba di aceh, sarapan yang biasa dijual di warung-warung di pagi hari adalah ‘nasi gurih’.

Nasi gurih sekilas mirip dengan nasi uduk namun rasanya lebih ringan dan gurih. Nasi gurih bisa ditemukan di setiap daerah di Aceh sebagai menu khas sarapan. Sebungkus nasi gurih akan dilengkapi dengan lauk ikan goreng sambal yang pedas atau ayam rendang, atau telur dadar,  tauco kacang panjang cabai hijau yang lebih dominan cabainya, kerupuk dan sambal tambahan.

Perporsi dihargai dari 5k hingga 20k. Jangan lupa nikmati seporsi nasi gurih yang lezat di pagi hari jika kamu ke Aceh. Selain nasi gurih, sarapan khas Aceh lainnya yaitu Mie lidi bumbu kacang dan Lontong. Jangan ragu untuk liburan ke Aceh, segera cek tiket pesawat citilink lewat travel kepercayaan kamu.


Ketupat Lontong, Padang

Beralih ke Padang, siapa yang tak kenal rasa masakan padang yang sudah merambah seantero Nusantara? Masakan Padang yang khas sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Apakah orang Padang sarapan dengan nasi padang? Ternyata Padang juga mempunyai menu sarapan khas yaitu ketupat lontong atau yang disebut “katupek”.

Seporsi ketupat atau lontong disajikan dengan kuah gulai kuning yang berisi sayur nangka dan buncis, gulai pakis dan gulau taoco buncis. Pada saat memakannya orang padang biasanya menambahkan telur rebus atau gorengan seperti bakwan, perkedel, risoles, kerupuk dan lainnya.

Selain lontong ketupat khas daerah padang, menu sarapan lainnya yang khas dari Padang adalah ‘bubua kampiun” (bubur kampiun) yaitu bubur yang dicampur kacang hijau, ketan putih, ketan hitam, bubur sumsum (tepung beras),bubur candil dan lainnya. Menu sarapan khas Padang lainnya adalah lupis, bubur putih, dan ketan hitam. Hendak berlibur sambil santap kuliner Padang? Segera beli tiket pesawat murah yang cuma ada di Reservasi.com.

Nasi Ulam, Jakarta

Menuju ke pulau Jawa, di Jakarta ada yang namanya ‘nasi ulam’ sebagai menu sarapan khas Betawi. Nasi ulam adalah nasi putih dengan taburan kelapa parut sangrai yang manis dan gurih. Memakan nasi ulam ditemani lauk bakwan atau tempe goreng. Nasi ulam juga dilengkapi dengan lalapan mentimun, kemangi dan kecambah. Kamu suka pedas, tinggal tambah kuah kacang. Rasanya sangat gurih.


Gudeg, Yogyakarta

Yogyakarta yang disebut sebagai kota gudeg memiliki menu sarapan khas yaitu ‘gudeg jogja’. Di kota ini, kamu akan menemukan banyak penjual gudeg di pagi hari, di pinggir jalan maupun di perkampungan walaupun juga banyak Resto khusus gudeg yang menjual gudeg 24 jam. Sarapan dengan gudeg di pagi hari menjadi kebiasaan kebanyakan warga Jogja.

Gudeg adalah sayur yang terbuat dari nangka muda atau dalam bahasa Jawa disebut ‘gori’ yang dimasak lama sehingga menjadi sangat halus. Gudeg dimakan dengan nasi putih atau bubur nasi, dan sambal krecek. Lauknya bisa dengan ayam kampung atau telur atau tahu tempe bacem.

Satu lagi yang khas dari gudeg jogja adalah santan gurih yang mengental dari hasil memasak ayam sebagai tambahan penyedap nasi gudeg. Bagi kamu yang suka pedas, bisa meminta cabai petis (cabai rawit utuh) yang ada di dalam kuah krecek. Kerupuk krecek yang terbuat dari kulit sapi biasanya dimasak dengan kuah santan yang gurih, ditambah tempe dan cabai rawit yang banyak sehingga rasanya pedas.

Gudeg semacam ini bisa kamu temukan di Jogja. Rasa dari gudeg jogja agak berbeda dengan kota sebelahnya yaitu Solo. Jika kamu ke Solo, kamu akan menemukan gudeg yang sedikit berbeda rasanya dari versi Jogja. Admin berkunjung ke Jogja dalam acara "Ngopi Bareng MPN Group 10 - 12 Februari 2019"

Bubur Manado, Manado

Menuju ke Manado, apa yang menjadi menu sarapan khas orang Manado? Di manado, kamu akan menjumpai menu sarapam khas yaitu bubur manado atau dalam bahasa lokal disebut “tinutuan”.

Bubur manado adalah sarapan yang menyehatkan karena terdiri dari sayuran yang direbus. Bubur manado berisi berbagai sayuraan seperti bayam, kangkung, labu kuning, jagung, singkong, daun gedi dan juga beras. Selain tinutuan, sarapan khas lainya dari Manado adalah nasi kuning manado. Nasi kuning manado diberi suiran ikan cakalang atau abon ikan cakalang, bihun, serungdeng, keripik kentang serta telur rebus atau ikan roa.

0 Response to "Menu Sarapan Paling Khas Dari Daerah Indonesia"

Post a Comment