Kenali Manfaat Kol Untuk Kesehatan Anda

Daftar Isi
Kenali Manfaat Kol Untuk Kesehatan Anda - Kol yang banyak di konsumsi oleh semua kalangan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, kol yang berwarna hijau atau yang biasa di sebut dengan kubis ini banyak di kunsumsi sebagai lalapan pada makanan – makanan tertentu.

Di indonesia kol ini sangat mudah untuk didapatkan, dan indonesia bahkan menjadi negara penghasil kol ke tujuh di dunia, oleh karena itu kol tersebut dapat di jumpai dimana – mana. kandungan pada kol sarat akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B6, folat kalori, karbohidrat, protein, kalsium, kalium dan vitamin B1.

Kenali Manfaat Kol Untuk Kesehatan Anda


Selain itu kol juga mengandung antioksidan kolin, beta karoten, lutein dan zeaxanthin, serta flavonoid kaemprerol, quercetin dan apigenin, untuk senyawa yang berkhasiat tersebut lebih banyak di dapatkan pada kol ungu di bandingkan dengan yang berwarna hijau. maka tidak heran jika kol memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan sangat baik untuk di kunsumsi tiap hari. Manfaat Kol Untuk Kesehatan sangat membantu dalam mencegah berbagai jenis macam penyakit diantaranya :

Mencegah penyakit kanker 

Manfaat Kol Untuk Kesehatan yakni mencegah penyakit kanker ,sebab dalam kandungan kol mengandung sanyawa antikanker sulforaphane yang mampu untuk menurunkan resiko kanker pada seseorang. sulforaphane dapat menghambat ensim berbahaya yang dapat meningkatkan perkembangan sel kanker, dengan memanfaatkan kol untuk kesehatan dapat menurunkan jenis kanker melanoma, kanker esofagus, prostat dan pankreas, resiko terkena kanker seperti kandung kemih, usus, perut dan paru – paru akan menurun apabila sering mengkonsumsi kol dan sayuran lainnya.

Kol juga mengandung zat kimia alami yang dapat mengurangi terserang penyakit kanker payudara, untuk kol ungu mengandung antioksidan anthocyanin yang terbukti memperlambat pertumbuhan sel kanker. Baca Juga Jenis Kanker payudara yang perlu anda waspadai

Menjaga kesehatan jantung 

Manfaat kol untuk kesehatan yang lainnya yakni kesehatan jantung, kandungan pada kol memiliki manfaat yang besar dalam mengatasi penyakit jantung, antioksidan anthocyanin juga mampu menekan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. kandungan plofenol yang tinggi dalam kol dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Baca juga Serangan Jantung Yang Perlu Anda Waspadai 

Kekebalan Tubuh dan Sistem Pencernaan 

Kol yang difermentasi memiliki probiotik yang tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan sistem pencernaan, vitamin dan mineral pun lebih mudah terserap oleh tubuh dengan bantuan mikroba ini, kandungan serat dan air dalam kol tersebut mampu dalam membantu mencegah sembelit dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat. 

Manfaat Kol Untuk Kesehatan Yang Lainnya

Manfaat kol yang lainnya untuk kesehatan yakni mengatasi sakit perut, usus dan perut, bisul, asam lambung berlebih, asma, mual pada saat pagi hari dan mencegah osteoporosis, pada kandungan kol sangatlah penting untuk kesehatan tubuh dan tentunya juga membantu dalam mencegah berbagai jenis penyakit, sehingga dengan anda mengetahui manfaat yang diperoleh pada kol, anda dapat memanfaatkannya dengan baik untuk kesehatan anda, dalam mengkonsumsi kol tersebut tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan, sebab terlalu banyak mengkonsumsi kol dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

Posting Komentar