Ini Dia 9 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Bawang Putih ini agak beda dan unik karena hanya terdiri dari 1 siung saja. Apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Simak hingga tuntas!

Bawang putih tunggal disebut juga dengan nama bawang putih lanang. Keunikan bawang putih jenis ini terdapat pada jumlah siungnya. Kalau umumnya bawang putih terdiri dari beberapa siung tapi bawang putih tunggal hanya 1 saja. Selain itu, jika umumnya bawang putih dipakai sebagai bumbu, tapi bawang putih tunggal lebih dikenal sebagai bahan obat herbal. Karena itulah kali ini Pustakawan Barru akan ulas terkait berbagai manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan.
Ini Dia 9 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan


Kandungan Nutrisi dalam Bawang Putih Tunggal

Dipakainya bawang putih tunggal dalam pengobatan herbal tak lepas dari berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya. Bahkan dalam medis, khasiat bawang tunggal digunakan untuk menangkal penyakit seperti kolesterol. Pada dasarnya semua bawang putih mempunyai kandungan nutrisi seperti yang ada pada bawang tunggal, namun dalam bawang putih tunggal kadarnya lebih banyak sehingga bawang putih tunggal lebih berkhasiat.

Berikut ini rincian kandungan nutrisi dalam bawang putih tunggal.

Minyak Atsiri

Minyak atsiri disebut juga minyak eterik. Merupakan salah satu jenis minyak nabati yang beraroma khas dan sangat mudah menguap. Sifat minyak ini sebagai antibakteri antiseptik.


Allicin

Zat ini adalah senyawa thiosulfinate yang sifatnya tidak stabil, mudah menguap dan sangat mudah larut dalam air. Allicin punya kemampuan menekan jamur, bakteri dan virus.


Kalsium

Zat ini merupakan senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh. Bermanfaat untuk mendukung metabolisme tubuh, menjadi penghubung antar saraf serta mendukung kinerja jantung. Kalsium juga membantu pergerakan otot.


Saltivine

Senyawa satu ini mempunyai manfaat untuk mempercepat pertumbuhan sel dan merangsang susunan sel saraf.


Daillysulfide

Zat satu ini merupakan senyawa anti cacing.


Belerang

Belerang memiliki bau yang tajam dan merupakan senyawa yang terkandung dalam allicin sehingga bawang tunggal memiliki bau yang sangat tajam.

Selain keenam zat diatas, dalam bawang putih tunggal juga terdapat protein, lemak, fosfor, zat besi dan beberapa vitamin. Ada vitamin A, B1 dan C.


9 Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan

Seperti dijelaskan di awal, bawang putih tunggal lebih dikenal dalam pengobatan herbal. Nah, manfaat-manfaatnya antara lain seperti rincian berikut ini ada 9 macam.


1. Mengobati Flu

Manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk mengibati flu. Ini karena belerang dalam bawang putih tunggal mempercepat kegiatan membran mocous dalam saluran pernapasan. Kandungan belerang ini juga membantu mengatasi penghentian flu dan mengeluarkan lendir/dahak. Sementara itu Phytochemical dalam bawang putih tunggal juga membantu membunuh bakteri dan virus.

Cara memanfaatkan bawang putih tunggal untuk mengobati flu yaitu dengan memblender bawang putih, tomat, kemangi, dan garam. Campuran ini diminum setiap hari, jika perlu tambahkan cuka sari apel.


2. Obat Penurun Kolesterol

Khusus untuk penurun kolesterol, cara mengonsumsi bawang putih tunggal memang berbeda-beda. Ada yang memilih bubuk dalam kapsul yang sudah dijual bebas, ada juga yang digunakan dalam masakan.

Namun sebelum memilih bawang putih tunggal untuk menurunkan kolesterol Anda, pastikan sudah konsultasi dokter dulu. Kalau-kalau kondisi Anda tidak cocok untuk konsumsi bawang putih tunggal. Selain itu Anda harus tahu bahwa efek samping paling mneonjol dari bawang adalah baunya yang muncul dalam keringat maupun napas.

Perhatikan juga dosis konsumsi bawang putih. Ada studi yang menyimpulkan bahwa dosis lebih dari 0,25 g/kg berat badan setiap harinya justru akan membahayakan hati. Karena itu jika Anda memiliki berat badan misalnya 70 kg, maka maksimal dosis bawang putih yang boleh dikonsumsi adalah 17,5 gram.


3. Mencegah Penyakit Kanker

Bawang putih tunggal juga bermanfaat untuk mencegah datangnya penyakit kanker. Kandungan organosulfida-nya membantu kinerja hati mengeluarkan berbagai racun dari dalam tubuh termasuk racun penyebab kanker.

Caranya pun cukup mudah. Kupas dan bersihkan tujuh buah bawang putih tunggal lalu cuci bersih. Iris-iris kemudian rebuslah dengan 600 ml air bersih. Setelah mendidih angkat lalu dinginkan dan saring airnya. Air rebusan ini bisa dicampur dengna madu atau perasan jeruk nipis untuk mengurangi rasa bawang putih yang pekat. Minumlah tigak kali sehari sebanyak setengah gelas.


4. Menjaga Kesehatan Kehamilan

Bawang putih tunggal juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bagi Anda yang sedang hamil. Ini penting untuk mencegah gangguan kesehatan dan komplikasi saat kehamilan. Konsumsi bawang putih tunggal saat hamil juga baik untuk menambah berat janin.


5. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat bawang putih tunggal yang selanjutnya yaitu senyawa dalam bawang putih berguna untuk mencegah kerusakan sel neuron otak. Sehingga pertumbuhan sel neuron baru bisa lebih cepat, dan hasilnya meningkatkan daya ingat.


6. Menjaga Stamina

Mengonsumsi bawang putih tunggal atau bawang lanang ternyata juga bermanfaat untuk menjaga stamina agar tetap bugar. Hal ini dikarenakan bawang lanang memiliki kandungan senyawa yang dapat menangkal virus maupun bakteri penyebab penyakit.


7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat bawang putih tunggal yang selanjutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi/hipertensi. Namun menurut situs Alo Dokter bawang putih tunggal hanya sedikit membantu. Jadi tetap disarankan untuk mengonsumsi juga obat penurun tekanan darah. Sedangkan bawang putih hanya sebagai penambah saja. Caranya bisa dengan dikonsumsi bersama makanan ataupun direbus dulu dan diambil airnya.


8. Mengurangi rematik, pegal linu dan capek akibat kerja.

Bawang putih tunggal juga membantu meringankan keluhan rematik dan capek-capek setelah kerja berat. Ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat hangat dan berguna untuk melancarkan peredaran darah.


9. Menenangkan Pikiran

Bawang putih tunggal memiliki senyawa yang bersifat menenangkan. Hasilnya tubuh akan menjadi lebih rileks dan selanjutnya kinerja jantung juga berjalan normal. Karena itulah maka bawang putih tunggal juga baik untuk mengurangi stress maupun depresi.

0 Response to "Ini Dia 9 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel