Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Surat al-Waqi’ah Untuk Melancarkan Rezeki. Ini faktanya…

Beberapa kalangan umat Islam senang membaca salah satu surat dari Alquran dengan tujuan tertentu. Misalnya Yasin untuk biasa dibaca saat mendoakan orang yang meninggal. Khusus Surat Al-Waqi’ah biasa dibaca untuk memohon kelancaran rezeki. Nah, itulah salah satu manfaat dari surat Al-Waqi’ah yang paling terkenal. Kali ini kami ingin ungkap beberapa fakta dasarnya.

Manfaat Surat al-Waqi’ah Untuk Melancarkan Rezeki

Sebenarnya manfaat Surat Al-Waqi’ah tidak hanya untuk melancarkan rezeki saja. Namun surat ke-56 ini sudah identik dengan hal tersebut. Salah satu ulama ahlus sunnah terkenal, Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al-Hasani mengungkapkan dalam kitabnya, Abwab al-Faraj banyak mengungkapkan fakta menarik tentang surat al-Waqi’ah. Berikut ini rinciannya:

Manfaat Surat Al-Waqi’ah Menurut Sayyid Muhammad bin Alawy al-Maliky

1. Manfaat Surat al-Waqi’ah, terjauhkan Dari Fakir

Dari Ibnu Mas’ud Ra. Berkata “Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, ‘Siapa yang membaca surat Waqiah setiap malam maka tak akan tertimpa kekurangan selamanya.” (HR. Baihaqi, Ibnu Murdawaih, Abu Ya’la, al-Haris bin Abu Usamah, Ibnu Dhoris.) Ibnu Mas’ud juga memerintahkan para putrinya agar membaca al-Waqi’ah tiap malam.
Hadis tersebut juga diriwayatkan oleh Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas.

2. Surat al-Waqi’ah Surat Kekayaan

Rasulullah menganjurkan agar surat al-Waqi’ah diajarkan kepada keluarga supaya dibaca setiap malamnya.

Ibnu Murdawaih meriwayatkan dari Anas, Rasulullah bersabda, “Surat al-Waqi’ah adalah surat kekayaan, ajarkanlah surat tersebut pada anak-anak kalian.”

Selain anak-anak, istri juga harus bisa membaca surat al-Waqi’ah.
Ad-Dailami meriwayatkan dari Anas, Rasulullah bersabda, “Ajarkanlah istri-istri kalian surat al-Waqi’ah, karena ia adalah surat (yang mendatangkan) kekayaan.”

3. Baca Alquran Kok Buat Minta Harta Dunia?

Mungkin terbetik dalam hati pertanyaan seperti itu. Hal tersebut pun malah pernah dipertanyakan oleh Imam al-Ghazali kepada salah satu gurunya. Dalam kitab Abwab al-Farah tersebut juga diungkan tentang kisah ini.

Imam Ghazali mengisahkan dalam kitabnya, Minhaj al-‘Abidin bahwa ia bertanya kepada gurunya tentang kebiasaan dan tradisi sebagian para wali dan syaikh yang membaca surat Al-waqiah di saat kekurangan. Bukankah hal itu adalah agar Allah menghindarkan mereka dari kesusahan dengan memberi harta dunia? Dan bagaimana jadinya mengharap harta duniawi dengan amal akhirat (membaca Alquran)?

Guru yang ditanya itu menjawab bahwa artinya adalah mereka meminta supaya diberi sifat qanaah/menerima dan bekal agar menjadi kekuatan serta bekal bekajar ilmu. Tujuan ini tentunya merupakan keinginan yang baik dan bukan termasuk perkara duniawi semata.

4. Ilmunya Generasi Awal dan Akhir

Dalam kitab tersebut Sayyid Muhammad juga menukil keterangan dalam kitab Hilyat al-Barar, bahwa barang siapa yang ingin mendapatkan ilmu para generasi lalu dan masa kini, hendaknya ia istikamah membaca surah al-Waqiah.

5. Sebab Lain Yang Untuk Menarik Rezeki

Selain membaca surat Al-Waqi’ah sebagai wasilah memohon kelancaran rezeki, cara lain berdoa adalah dengan melaukan shalat Dhuha,  shalat wajib dengan menyempurnakan rukun dan sunahnya dengan sikap tunduk dan takzim, membaca surat al-Mulk, surat al-Muzammil, surat al-Lail, surat al-Insyirah, hadir jamaah shalat di masjid sebelum adzan, dan menjaga kesucian diri dari hadas yang juga disebut dengan dawam al-wudhu. Artinya selalu segera berwudhu atau bersuci setiap kali batal.

6. Doa Sesudah Membaca Surat al-Waqi’ah

Setelah membaca surat al-Waqi’ah jangan lupa untuk berdoa dan meminta kelancaran rezeki. Ada beberapa bentuk doa yang diajarkan para ulama. Selengkapnya bisa Anda baca dalam kitab Abwab al-Faraj tersebut pada halaman 108-110. Salah satunya adalah berikut ini.
Allohumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’thona wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho-i wal man-‘i. Allohumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin (3x) wa shollallohu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

“Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang  untuk memberi atau tidak memberi.

Demikian beberapa ulasan terkait manfaat surat al-Waqiah. Semoga menambah wawasan dan menjadi pendorong kesuksesan.

Post a Comment for "Manfaat Surat al-Waqi’ah Untuk Melancarkan Rezeki. Ini faktanya…"