Ragam Tempat Wisata di Indonesia yang Harus Dikunjungi

Daftar Isi
Sudah sejauh mana Anda menjelajahi Indonesia? Anda lebih suka wisata ke luar negeri atau berkeliling di negeri sendiri? Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia bagaikan hamparan permadani dengan pesona alam yang luar biasa. Mulai dari kekayaan alam bawah laut hingga gugusan pegunungan, Indonesia menjadi juara-nya. Anda suka pantai? Indonesia mempunyai deretan pantai yang tak akan habis walau sudah Anda jelajahi. Anda suka gunung? Indonesia mempunyai deretan pegunungan yang siap menunggu untuk segera didaki.


Ragam Tempat Wisata di Indonesia yang Harus Dikunjungi
Ragam Tempat Wisata di Indonesia yang Harus Dikunjungi

Tak hanya kekayaan alamnya yang melimpah, kebudayaan Indonesia pun sangat beraneka ragam. Setiap daerahnya mempunyai budaya khas yang membuat negeri ini semakin berwarna. Masih meragukan kekayaan negeri sendiri? Berikut rangkuman tempat wisata di Indonesia yang harus Anda kunjungi:


1. Pulau Komodo



Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara
Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara

Pulau Komodo termasuk dalam bagian Taman Nasional Komodo bersama pulau lain di sekitar Kepulauan Nusa Tenggara. Pada tahun 1986, UNESCO menyatakan tempat wisata di Indonesia ini sebagai salah satu situs peninggalan warisan dunia. Pulau ini dianggap sebagai habitat binatang komodo yang harus dilindungi. Salah satu kebanggaan tertinggi yang berhasil didapat adalah berhasil masuk dalam jajaran tujuh keajaiban alam di dunia atau yang dikenal dengan New Seven Wonders of Nature pada tahun 2011 silam.


Tempat wisata ini menyajikan keindahan daratan serta alam bawah laut yang luar biasa. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di sini, mulai dari menyelam trekking, sampai snorkerling.

Untuk trekking, Anda dapat menjelajahi pulau bersama dengan rombongan dan seorang ranger atau pemandu. Dalam perjalanan, Anda dapat menemukan komodo yang sedang berburu mangsa atau beristirahat. Ranger akan memberi Anda sebuah tongkat yang ujungnya bercabang. Tongkat ini diyakini bisa melemahkan komodo saat hewan ini mulai menyerang. Dengan menundukan leher komodo menggunakan ujung tongkat yang bercabang, hewan ini seketika akan jinak. Penting bagi Anda untuk waspada saat berjalan karena binatang ini sangat peka oleh gerakan yang tiba-tiba.

Tempat wisata ini juga populer dengan keindahan alam bawah lautnya serta menjadi salah satu lokasi menyelam favorit. Yang uniknya lagi, terdapat Pink Beach atau Pantai Merah Muda. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang mempunyai pasir berwarna kemerahan. Warna ini kemungkinan berasal dari serpihan koral yang hancur dan tercampur dengan pasir pantai. Saat terhempas ombak, warna merah semakin terlihat jelas.


2. Trio Gili

Trio Gili Lombok
Trio Gili Lombok

Trio Gili adalah deretan tiga pulau cantik yang terdapat di Lombok. Ketiga pulau ini, diantaranya Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Ketiganya tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik, namun juga telah berhasil menarik banyak wisatawan mancanegara.


Dari ketiga pulau ini, bisa dibilang Gili Trawangan menjadi yang paling populer. Selain karena ukurannya yang terlihat lebih luas dibanding pulau lainnya, di sini juga telah didirikan banyak tempat hiburan seperti kafe dan bar. Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di tempat ini mulai dari menyelam, berjemur, juga snorkeling. Yang lebih menarik, Anda juga dapat menyewa sepeda atau naik cidomo, kereta kuda seperti delman, untuk mengelilingi pulau.

Meskipun begitu, Gili Air dan Gili Meno tak kalah menarik. Kedua pulau ini pun memiliki pesona pantai dan alam bawah laut yang memukau dan menunggu untuk Anda jelajahi. Suasana keduanya relatif lebih sunyi dan tenang sehingga nyaman untuk Anda yang ingin lepas dari keramaian.


Tanjung Aan Lombok
Tanjung Aan Lombok



3. Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat Papua
Kepulauan Raja Ampat Papua

Raja Ampat menjadi tempat primadona di dunia pariwisata Indonesia. Keindahan tempat ini mulai banyak dikenal baik oleh wisatawan domestik bahkan mancanegara. Raja Ampat sendiri adalah kumpulan dari suatu pulau di ujung Papua. Terdapat empat pulau utama di sini, yaitu Misool, Waigeo, Batanta dan Salawati .


Kekayaan bawah laut Raja Ampat sudah tak diragukan lagi. Perairan di tempat wisata ini dikenal sebagai lokasi snorkeling atau menyeleam terbaik di dunia. Bahkan The Nature Conservancy menyatakan bahwa sekitar 75% biota laut dunia bisa ditemukan di perairan Raja Ampat. Untuk memastikan-nya, silakan siapkan peralatan menyelam Anda dan mulailah menjelajahi alam bawah laut-nya. Pada bulan Oktober dan November disebut menjadi waktu yang terbaik untuk melakukan penyelaman, karena cuaca serta kondisi perairan sangat ideal.

Selain menyelam, Anda juga dapat menjelajahi keindahan pulau-pulau di Raja Ampat ini. Warga setempat, dengan senang hati akan menawarkan jasa pemandu. Selama trekking, Anda juga bisa mampir ke perkampungan dan berinteraksi langsung atau membeli kerajinan tangan seperti patung suku Asmat serta alat musik tradisional hasil karya mereka sebagai suvenir.


4. Danau Sentani

Danau Sentani Papua
Danau Sentani Papua

Danau Sentani menjadi danau terbesar di Papua. Tak mengherankan, karena danau ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan memiliki ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Indonesia ini dikelilingi dengan 21 pulau di sekitarnya yang merupakan perkampungan warga.


Kegiatan apa yang bisa Anda lakukan disini? Cukup banyak. Anda dapat berenang, memancing atau berkeliling danau dengan menyewa perahu. Jika dirasa masih kurang, kenapa tak mencoba berkunjung ke desa setempat? Anda dapat singgah di pemukiman dan berbincang sambil menikmati kuliner khas yang ada.

Jika Anda berkunjung saat pertengahan bulan Juni, selamat! Anda dapat sekaligus menyaksikan Festival Danau Sentani. Festival ini menjadi acara rutin tahunan yang menampilkan berbagai pentas seni dan budaya Papua. Selain itu, ragam kuliner khas Papua bisa Anda temukan di sini.


5. Bali

Bali, Tempat Wisata Paling Terkenal
Bali, Tempat Wisata Paling Terkenal

Siapa yang tak mengenal Bali? Sulit untuk menentukan tempat wisata apa yang paling menarik di Bali, karena hampir di seluruh penjuru Bali merupakan tempat wisata yang luar biasa. Bali mempunyai banyak pesona alam yang sangat indah mulai dari pemandangan pantainya, suasana pegunungan-nya hingga pura-pura yang sakral. Dari sekian banyak lokasi wisata menarik, yang paling terkenal di telinga wisatawan tentu saja Pantai Legian, Pantai Kuta, Pura Tanah Lot, Pantai Seminyak,  dan suasana pedesaan Ubud.


Bali menjadi bukti bahwa agar bisa menarik perhatian dunia internasional, budaya serta nilai kekhasan-nya tak perlu dikorbankan. Dengan terus menjaga budayanya, Bali justru mengundang banyak sekali wisatawan asing untuk berkunjung. Di sini, Anda akan sering menemui sekumpulan wisatawan asing yang sedang melihat pertunjukan seni dan budaya khas Bali.


6. Taman Laut Bunaken

Wisata Air, Taman Laut Bunaken


Taman Laut Bunaken merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai situs peninggalan warisan dunia, tepatnya pada tahun 2005. Hal ini disebabkan karena kekayaan dan keragaman biota laut-nya yang luar biasa, terlihat dari terumbu karang, rumput laut hingga spesies ikan yang ada.

Tempat wisata ini menyimpan lebih dari 30 titik menyelam yang disenangi banyak penyelam domestik hingga mancanegara. Selain menyelam sekaligus bersentuhan langsung dengan biota laut di sini, Anda juga dapat menyelam bersama kapal selam yang sudah disediakan. Kapal ini mempunyai dinding kaca transparan untuk membantu Anda untuk melihat pemandangan bawah laut tanpa terkena air dan basah. Sangat menarik!


7. Puncak Jayawijaya

Gunung Bersalju Dari Puncak Jayawijaya
Gunung Bersalju Dari Puncak Jayawijaya


Puncak Jayawijaya atau yang lebih dikenal dengan Puncak Carstensz adalah satu-satunya puncak gunung di Indonesia yang mempunyai salju abadi. Puncak ini berdiri setinggi lebih dari 5.000 meter dari atas permukaan laut. Yang lebih membanggakan lagi yaitu, Gunung Jayawijaya masuk dalam daftar Seven Summits atau tujuh gunung dengan puncak tertinggi di dunia.

Puncak Jayawijaya pertama kali ditundukan oleh seorang penjelajah dari Belanda bernama Hendrik Albert Lorentz pada tahun 1909 silam. Lorentz berhasil memanjat puncak bersalju ini bersama dengan enam orang suku Dayak Kenyah yang dibawanya dari Kalimantan. Setelah pendakian yang memuahkan hasil ini, mulai banyak pendaki yang mencoba mengikuti jejak Lorentz untuk kembali menaklukan Puncak Jayawijaya. Mungkin saja Anda pendaki selanjutnya yang berhasil menaklukan Puncak Carstensz.


8. Tana Toraja

Tanah Toraja Sulawesi Selatan
Tanah Toraja Sulawesi Selatan

Tana Toraja mempunyai pesona alam yang luar biasa mulai dari jajaran pegunungan serta perbukitan yang hijau. Selain kekayaan alamnya, tempat wisata di Indonesia ini juga kaya akan budayanya yang masih dijaga hingga saat ini. Di sini, masih banyak tradisi kuno yang terus dipertahankan, salah satunya yaitu Rambu Solo’.


Rambu Solo’ adalah upacara pemakaman di Tana Toraja. Apa yang menarik dari upacara pemakaman? Upacara pemakaman dari Tana Toraja ini tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Rambu Solo’ menjadi satu-satunya upacara pemakan termewah di Indonesia dan bahkan juga di dunia. Upacara ini hingga berhari-hari dengan biayanya tak sedikit. Salah satu ritual yang dilakukan adalah dengan menyembelih kerbau. Kerbau ini tidak cukup hanya satu. Semakin tinggi kasta orang yang meninggal dari suku Tana Toraja, maka semakin banyak kerbau yang akan dikorbankan.

Jika Rambu Solo’ terasa tak menantang bagi Anda, cobalah berkunjung ke daerah Londa atau makan gantung ala Tana Toraja. Di sini, Anda dapat menyaksikan banyak peti mati yang digantungkan dalam gua di tebing yang curam. Ingin coba mengunjungi-nya?


9. Candi Borobudur

Candi Borobudur di Magelang
Candi Borobudur di Magelang


Candi Borobudur menjadi kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Tempat wisata ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs peninggalan warisan dunia pada tahun 1991 silam. Candi Borobudur sempat tertimbun abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, lalu kemudian ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.

Tempat wisata ini diperkirakan sudah berdiri pada tahun 824. Bangunannya disusun dari balok vulkanik dan membentuk 72 stupa, 504 arca Buddhadan dan sebuah stupa induk tepat di puncak candi. Mitos-nya, jika Anda memasukkan tangan ke dalam lubang stupa dan berhasil menyentuh arca yang terdapat di dalamnya, maka keinginan Anda akan terjadi. Di sini, Anda juga dapat membeli berbagai suvenir mulai dari gantungan kunci, kipas, kaos sampai miniatur Candi Borobudur.

Saat perayaan Waisak, Candi Borobudur menjadi pusat perkumpulan banyak umat Buddha dari berbagai penjuru dunia seperti Thailand dan Tibet. Ritual ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Yang paling disukai wisatawan yaitu saat acara puncak, pelepasan lampion ke langit. Lampion-lampion tersebut dilepas dengan doa dan harapan untuk kebaikan di tahun yang akan datang.


10. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia indah
Taman Mini Indonesia indah

Bila Anda biasanya mengunjungi sebuah museum untuk lebih mengenal kebudayaan dari suatu daerah, kali ini Anda dapat mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah sebagai sebuah museum raksasa untuk mengenal kebudayaan Indonesia. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang di gagas oleh Tien Soeharto ini merupakan tempat untuk melihat seluruh kebudayaan Indonesia dalam versi mini.


Di kawasan ini terdapat sebuah danau dengan pulau buatan yang mirip dengan pulau Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Anda dapat berkeliling danau ini dengan menaiki perahu angsa yang sudah disediakan. Taman Mini Indonesia Indah juga mempunyai anjungan daerah dari 34 provinsi yang terdapat di Indonesia. Setiap anjungan ini berbentuk rumah adat dan terdapat pakaian tradisional didalamnya, peralatan rumah tangga dan senjata tradisional.

Terdapat juga kafetaria di setiap anjungan yang menyuguhkan kuliner khas daerah masing-masing. Selain miniatur pulau Indonesia dan anjungan, Taman Mini Indonesia Indah juga masih memupnyai ragam museum dan wahana rekreasi untuk keluarga. Tempat wisata di Indonesia ini bisa menjadi pilihan yang cocok bagi Anda jika ingin lebih mengenalkan Indonesia pada anak-anak, tentunya dengan cara yang menyenangkan.

Posting Komentar