Inilah 7 Tempat Wisata di Batam Yang Populer

Daftar Isi

Batam merupakan sebuah kota perindustrian, meski begitu pesona tempat wisata di Batam masih bisa Anda temukan dengan menyusuri kota Batam. Setelah Medan dan Palembang, Batam menjadi kota dengan populasi terbesar ketiga di Pulau Sumatera. Pariwisata yang dominan di Batam adalah wisata kota, ini sangat dibantu dengan ketersediaan fasilitas yang lengkap di kota Batam.

Sebagai bagian dari Provinsi Kepulauan Riau, Batam juga mempunyai tempat wisata bahari yang menarik. Ini bisa Anda temukan dengan berkunjung ke Melur Pulau Galang atau Pantai Pantai Nongsa, serta beberapa pantai lainnya.

Reputasi Batam sebagai wisata belanja barang branded memang sudah dikenal sejak lama, ini tak lepas dari sifat yang sudah melekat sebagai sebuah daerah otoritas khusus untuk pedagang (ekonomi). Berikut sejumlah tempat wisata di Batam yang populer dan dapat Anda kunjungi.


1. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang Batam
Jembatan Barelang Batam

Barelang merupakan akronim yang berasal dari nama tiga tempat, yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Inilah penghubung kota Batam dengan pulau lainnya, seperti Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Galang, Pulau Rempang, dan Pulau Galang Baru. Sesungguhnya, keberadaan jembatan ini merupakan sebagai penopang pertumbuhan industri yang memang dibangun di tempat ini.

Jembatan ini menjadi ikon kota Batam, tak heran, jika yang berkunjung ke Batam kerap mendatangi jembatan Barelang walau hanya untuk bersantai, atau yang paling sering dilakukan yaitu berfoto dengan latar disekitar jembatan.


2. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa Batam
Pantai Nongsa Batam

Pantai Nongsa menjadi destinasi wisata pantai dengan pemandangan laut yang paling indah di Batam. Nongsa merupakan nama sebuah kecamatan. Bila Anda ingin merasakan keindahan pantai di Batam, maka Nongsa adalah pilihan paling tepat. Terdapat beberapa resort hingga lapangan golf di tempat ini. Anda bisa menikmati wisata pantai di Batam dengan menyewa penginapan di resort yang ada.


3. Pantai Melur Pulau Galang

Pantai Melur Pulau Galang

Melur Pulau Galang merupakan lokasi salah satu pantai yang populer di Batam, Anda bisa menemukan banyak aktivitas pantai yang menarik, di antaranya adalah olahraga pantai hingga berenang. Bermain voli pantai dan sepakbola pantai menjadi kegiatan yang paling sering dimainkan di pantai ini. Banyak wisatawan yang hobi ber-olahraga di tempat yang satu ini. Berenang di pantai Melur Pulau Galang pun tak kalah seru dengan kegiatan lainnya.


4. Mega Wisata Ocarina

Mega wisata Ocarina
Mega wisata Ocarina

Mega Wisata Ocarina merupakan sebuah daerah wisata terpadu, dibangun akan sebesar Ancol di kota Jakarta. Tersedia ragam wahana permainan di tempat wisata Batam ini, di antaranya Trampolin, Flying Fox, Giant Wheel, Water Boom, Sepeda Air, dan lain-lain. Sebagai sebuah destinasi wisata terpadu, Anda juga bisa menikmati santap makanan dengan mengunjungi Kampoeng Indonesia yang berada di Megawisata Ocarina. Tersedia banyak menu khas Indonesia yang bisa Anda pilih.


5. Pantai Marina

Pantai Marina Batam
Pantai Marina Batam

Pantai Marina ini merupakan tempat wisata di Batam yang cocok untuk menikmati wisata bersama keluarga dan anak-anak, karena memiliki taman hijau sebagai taman bermain anak Anda. Karena arahnya yang menghadap ke Negara Singapura, Anda bisa melihat pemandangan gedung pencakar langit yang terdapat di negeri tetangga tersebut.

Di pantai ini Anda bisa menemukan sebuah pemandangan sunset/matahari terbenam yang indah dan menawan, berlatar kawasan Tanjung Uncang yang menjadi daerah industri galangan kapal beralat berat yang berdiri tinggi.


6. Bukit Senyum

Bukit Senyum Batam
Bukit Senyum Batam

Inilah yang menjadi tempat favorit untuk melihat panorama kota Singapura tatkala malam tiba. Di Bukit Senyum, Anda akan menyaksikan kilau gemerlap nya cahaya dari gedung yang ada di Singapura. Sembari bersantai di rerumputan maupun duduk di bangku yang tersedia, bercengkrama dan melihat panorama kota Singapura akan menjadi sesuatu yang mengasyikkan sekaligus menakjubkan. Oleh karena itu, Bukit Senyum merupakan salah satu tempat wisata di Batam yang populer serta ramai didatangi orang.


Untuk Mengetahui Keindahan Wisata Singapura Yang Mempesona, Silahkan Lihat Disini 



7. Camp Vietnam di Pulau Galang

Camp Vietnam di Batam
Camp Vietnam di Batam

Camp Vietnam menjadi bekas camp para pengungsi orang Vietnam yang pernah menempati Pulau Galang dari tahun 1979 hingga 1996. Mereka keluar dari negaranya karena konflik politik dan militer yang melebar di kawasan Indochina (Vietnam, Kamboja, dan Laos). Di camp ini, Anda masih bisa menemukan sisa-sisa peninggalannya, rumah sakit UNHCR, seperti rumah sakit PMI, gereja, museum, pagoda, hingga pemakaman.

Tempat wisata di Batam yang satu ini dibuka untuk publik setiap harinya, mulai dari jam 7.30 pagi hingga jam 17.30 sore.


Lihat Juga : 10 Tempat Wisata di Vietnam Yang Harus Dikunjungi

Posting Komentar