Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah 15 Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya

Inilah 15 Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya

Provinsi Banten merupakan Provinsi yang berada di ujung barat Pulau Jawa. Karena letaknya yang strategis, provinsi Banten mempunyai potensi wisata yang sangat tinggi sehingga sering menjadi pilihan wisatawan warga Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu liburnya. Tempat wisata Banten dan sekitarnya, manakah yang ingin Anda kunjungi? Berikut ulasannya.


1. Pantai Anyer

Panorama Pantai Anyer
Panorama Pantai Anyer

Pantai Anyer menjadi salah satu tempat wisata yang paling ramai dan populer di Banten, terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya karena terjangkau dengan mudah. Berada di Kabupaten Serang, Banten, Pantai Anyer merupakan pantai yang mempunyai pasir putih yang indah dan bersih. Dinamakan Pantai Anyer, karena pantai ini terletak di sepanjang Kawasan Anyer, Banten. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Anyer yakni berenang, bermain olahraga air, bermain pasir, menyelam, berselancar, menikmati panorama pantai, hingga menyantap kuliner laut yang nikmat di pesisir pantai. Apabila ingin bermalam di tempat ini, ada banyak hotel di sekitar Pantai Anyer yang bisa Anda sewa.

Lihat Juga : 10 Terfavorit Destinasi Wisata Batu & Malang Yang Wajib Kalian Kunjungi


2. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon seperti namanya, terletak di ujung barat Pulau Jawa. Kawasan Taman ini tidak hanya mencakup daratan yang ada di Pulau Jawa saja, termasuk juga dari beberapa pulau di sekitar ujung barat Pulau Jawa. Kegiatan yang sering dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon yaitu berkemah, trekking, dan melihat alam liar. Dibuatnya Taman Nasional Ujung Kulon selain untuk tempat wisata, kawasan ini digunakan sebagai tempat perlindungan badak. Taman Nasional Ujung Kulon memberikan edukasi pentingnya merawat kelestarian alam di dimanapun kita berada.


3. Tanjung Lesung

Wisata Tanjung Lesung
Wisata Tanjung Lesung

Tanjung Lesung merupakan nama sebuah wilayah pantai yang eksklusif serta terawat, berada sekitar 180 KM dari kota Jakarta. Memiliki lingkungan yang masih asri dan bersih dengan pasir putih yang lembut. Tanjung Lesung menjadi salah satu pantai terbaik di Jawa Barat, Kegiatan yang bisa dilakukan yaitu menyelam, bermain olahraga air, bermain pasir, memancing, dan menginap di villa yang sangat apik. Apabila musim hujan datang, sebaiknya berhati-hati karena ombak di Tanjung Lesung cukup besar. Berada di Kabupaten Pandeglang, Banten, Kawasan ini memiliki luas sekitar 1500 hektar dengan fasilitas publik yang lengkap dan menjadi tempat wisata di Banten yang harus Anda Datangi.


Lihat Juga : Ini Dia Objek Wisata Nan Indah yang Ada di Kabupaten Barru


4. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau Banten
Gunung Krakatau Banten

Gunung Krakatau merupakan gunung berapi yang pernah mengguncang bumi dengan dahsyat dan berdampak tak hanya di Indonesia, namun juga mencapai mancanegara. Saat ini, Gunung Krakatau menjadi salah satu tempat wisata di Banten yang sangat disukai pendaki gunung. Kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah mendaki Gunung Krakatau, sudah banyak agen tour yang menawarkan berbagai macam paket mendaki Gunung Krakatau mulai dengan paket 1 hari, hingga paket 4 hari sesuai keinginan pengunjung.


5. Kampung Baduy

Pemukiman Kampung Baduy
Pemukiman Kampung Baduy

Kampung Baduy merupakan pemukiman dari suku Baduy. Suku Baduy yakni suku yang masih kental dengan adat sunda, dan menjadi salah satu suku asli yang berada di Banten. Kampung Baduy yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten ini mempunyai penghuni sekitar 8,000 jiwa dan dibagi menjadi 2 Daerah, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Suku Baduy Dalam yaitu Suku Baduy yang menolak aktivitas dunia luar, sedangkan Suku Baduy Luar menjadi suku Baduy yang cukup terbuka dan menerima kebiasaan yang ada di dunia luar.


6. Pantai Sawarna

Wisata Pantai Sawarna
Wisata Pantai Sawarna

Pantai Sawarna adalah destinasi wisata pantai di Banten yang terbilang baru. Pantai Sawarna mulai populer dan ramai dikunjungi wisatawan sekitar tahun 2000 karena beredar dan dipromosikan dari internet. Berada di Desa Sawarna, Pantai Sawarna terletak sekitar 150 KM dari Rangkasbitung. Hampir setiap hari, Pantai Sawarna didatangi oleh ratusan orang, baik pengunjung dari Jawa Barat, hingga yang wisatawan asing. Biasanya pengunjung dari luar negeri mendatangi Pantai Sawarna untuk berselancar karena tempat ini memiliki ombak yang besar. Sekarang sudah banyak penginapan di kawasan Pantai Sawarna, dengan begitu akan membantu wisatawan berlibur di Pantai Sawarna.


Lihat Juga : 41+ Tempat Wisata Di Bandung Yang Lagi Ngehits Saat Ini


7. Pulau Umang

Pulau Uamang
Pulau Uamang

Pulau Umang berada dekat dengan Tanjung Lesung, Banten, berjarak 180 KM dari pusat Jakarta. Pulau Umang merupakan pulau yang memiliki luas sekitar 5 hektar dan di khususkan sebagai destinasi wisata yang dipegang oleh perusahaan swasta. Fasilitas yang ada di Pulau Umang sangat lengkap, mulai dari karaoke, sarana olahraga, kolam renang, permainan air, ruang pertemuan, dan lain-lain. Apabila Anda berminat untuk berlibur ke Pulau Umang, jangan lupa untuk membawa tabir surya agar terlindung dari panasnya matahari.


8. Arung Jeram Sungai Ciberang

Arung Jeram Suangai Ciberang

Sungai Ciberang dalah salah satu rekreasi arung jeram di sekitar Jakarta yang paling populer. Hal ini karena kondisi alam yang menyusuri Sungai Ciberang masih terasa asri dan hijau, sehingga perjalanan yang ditempuh menuju lokasi sangatlah menyejukan hati. Begitu pun dengan perairan-nya, panorama yang terbentang ketika melakukan pengarungan sangatlah indah. Sayangnya, sungai ini terkadang mengalami kekeringan, jadi sebelum membeli paket arung jeram di Sungai Ciberang, alangkah baiknya bertanya terlebih dahulu bagaimana keadaan air Sungai Ciberang saat itu. Lokasi ini akan ditempuh dengan melewati jalan yang berliku dan terjal, oleh karena itu jangan menggunakan bus besar, karena akan menjadi sebuah perjalanan yang menegangkan!


9. Masjid Agung Banten

Bangunan Masjid Agung Banten
Bangunan Masjid Agung Banten

Masjid Agung menjadi sebuah peninggalan bersejarah yang sangat penting di Banten. Didirikan sejak tahun 1569, Masjid Agung Banten memiliki jenis arsitektur bangunan yang khas dengan desain masa lalu dan merupakan perpaduan dari berbagai jenis budaya, di antaranya budaya China, Jawa, Hindu, dan Eropa. Tidak hanya Masjid saja yang bisa ditemukan di kawasan ini, melainkan juga peninggalan milik kerajaan Islam yang ada di Banten, lengkap dengan makam khas orang yang mengajarkan tentang agama Islam di Banten. Selain untuk berziarah bagi umat Islam, Masjid Agung Banten setiap harinya pun ramai didatangi wisatawan yang tertarik terhadap ajaran Islam di masa lalu.


10. Pulau Dua / Pulau Burung

Wisata Pulau Burung
Wisata Pulau Burung

Pulau Dua atau sering di sebut juga Pulau Burung, merupakan cagar alam yang memiliki luas sekitar 30 hektar yang terletak di pantai Banten. Seperti namanya, tempat ini dihuni oleh beraneka ragam burung dalam jumlah besar. Pada bulan April hingga dengan bulan Agustus, banyak sekali burung yang berkelompok dari berbagai benua datang mengunjungi Pulau Burung. Setelah musim terlewati, sebagian besar kelompok burung tersebut akan kembali ke tempat asalnya masing-masing.


Lihat Juga : Destinasi Wisata Omah Kayu Batu Malang yang Indah Nan Eksotis


11. Rawa Dano

Menyusuri Rawa Dano
Menyusuri Rawa Dano

Berada di Kabupaten Serang dengan jarang tempuh sekitar 100 KM dari Jakarta, Rawa Dano merupakan salah satu destinasi wisata di Banten yang menyajikan keindahan alam. Rawa Dano adalah kawasan yang mempunyai rawa-rawa, danau, dan hutan. Kawasan dengan luas sekitar 2,500 hektar ini, banyak dihuni oleh berbagai jenis reptil seperti kadal dan ular. Menurut penduduk setempat, dulunya Rawa Dano menjadi sebuah gunung yang sudah tak aktif lalu berubah menjadi hamparan danau yang di atasnya terdiri dari rawa-rawa.


12. Pantai Bagedur

Pesona Pantai Bagedur
Pesona Pantai Bagedur

Pantai Bagedur merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang berada sekitar 115 KM dari Rangkasbitung, letaknya di Kecamatan Malingping. Bagi Anda yang bukan berasal dari penduduk Banten, mungkin baru mendengar yang namanya Pantai Bagedur, sangat wajar memang Pantai Bagedur tidak terlihat populer, namun bagi warga Banten sendiri, tempat ini sudah tak asing lagi karena wisata pantai ini masih terasa asri. Pantai Bagedur selalu didatangi banyak pengunjung setiap harinya. Dengan pasir yang memiliki karakter padat dan warna coklat, pantai ini dapat dilintasi oleh kendaraan bermotor tanpa hambatan.


13. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang Banten

Pulau Sangiang menjadi sebuah pulau yang berada di Selat Sunda, Banten. Pulau Sangiang bisa ditempuh dengan menggunakan kapal perahu dari Pantai Anyer selama 45 menit. Pulau Sangiang dikelola oleh perusahaan swasta dan sepenuhnya difungsikan menjadi sebuah daerah wisata oleh perusahaan swasta tersebut. Fasilitas wisata yang bisa dinikmati di pulau dengan luas sekitar 700 hektar ini yaitu wisata bahari, wisata ilmiah, wisata budaya, dan wisata alam. Kegiatan yang bisa Anda ikuti di Pulau Sangiang yakni mendaki gunung, bersepeda, berkemah, memancing, berjemur di pantai, menyelam, hingga menikmati sisa peninggalan perang dunia berupa benteng buatan Jepang.


14. Pantai Carita

Keindahan Pantai Carita
Keindahan Pantai Carita

Pantai Carita berada di sisi barat Provinsi Banten, Kab. Pandeglang, menjadi salah satu tempat wisata di Banten yang paling populer di Indonesia. Pantai Carita memiliki panorama yang menarik, Anda bisa melihat Gunung Krakatau dari pesisir pantai. Jenis ombak di Pantai Carita mempunyai ombak relatif kecil yang menghempas tepian pantai dengan pasir putih yang asri. Seperti kawasan wisata populer lainnya, fasilitas yang ada di Pantai Carita sangat lengkap, jadi tak perlu kuatir dengan fasilitas yang mungkin Anda butuhkan. Terletak sekitar 160 KM dari kota Jakarta, Pantai Carita adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi saat Anda merasa bosan dengan wisata yang itu-itu saja.


15. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong

Kawasan wisata Pantai Karang Bolong berada sekitar 40 KM dari kota Serang, Banten, berdekatan dengan Pantai Anyer. Tempat ini adalah pantai yang terbilang unik. Sesuai dengan sebutannya, Pantai Karang Bolong menjadi pantai yang ada di dalam sebuah karang yang memiliki lubang besar karena hempasan ombak. Tentunya, ditempat ini tidak bisa digunakan untuk berenang, karena banyak karang yang dapat membahayakan Anda. Dari penglihatan yang ada, Pantai Karang Bolong menjadi salah satu wisata pantai yang paling unik di Banten, sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat dari kesibukan yang padat.

Post a Comment for "Inilah 15 Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya"