Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oleh Oleh Khas Purwokerto Paling Dicari Wisatawan

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri tak terkecuali kulinernya. Salah satu  kota yang kaya dengan aneka ragam kulinernya adalah kota Purwokerto. Purwokerto yang juga ibukota kabupaten Banyumas ini memiliki banyak tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Untuk itu ketika kamu mengunjungi Purwokerto untuk berlibur atau sekedar melewatinya, jangan lewatkan untuk membeli oleh oleh khas Purwokerto

Oleh Oleh Khas Purwokerto Paling Dicari Wisatawan
Serabi khas Purwokerto


Berikut ini oleh oleh khas Purwokerto.

1. Getuk Goreng

ketika berkunjung ke Purwokerto, kamu akan menemui banyak toko yang menjual getuk goreng. Getuk goreng sudah menjadi Ikon dari kota Purwokerto dan kota kota kecil di sekitarnya. Makanan ringan ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan gula jawa dan digoreng.

2. Lanting

Makanan ringan khas yang sering dijadikan oleh oleh khas Purwokerto. Lanting terbuat dari adonan tepung yang dibentuk seperti cincin. Harga dari lanting tergolong murah. Selain dijual di toko pusat oleh oleh khas Purwokerto, kamu juga bisa membelinya di pasar tradisional.

3. Keripik Tempe

Selain terkenal dengan mendoannya,makanan dari olahan tempe yang bisa dijadikan oleh oleh khas Purwokerto adalah keripik tempe. Berbeda dengan keripik tempe dari daerah lain, keripik tempe asli Purwokerto memiliki rasa yang lebih renyah. Keripik tempe terbuat dari tempe yang diiris tipis lalu digoreng dengan tepung yang sudah dibumbui. Rasa keripik tempe Purwokerto memiliki rasa asin dengan aroma bawang yang gurih.

4. Nopia dan Mino

Nopia dan mino merupakan makanan khas Purwokerto yang terbuat dari adonan gula jawa yang dibalut tepung terigu. Perbedaan dari Nopia dan Mino adalah dari segi ukurannya. Untuk yang berukuran besar dinamakan Nopia sedangkan yang ukurannya lebih kecil dinamakan Mino. Permukaan dari makanan ini keras dibagian luarnya namun lembut dibagian isinya. Nopia dan Mino sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh saat kamu berkunjung ke Purwokerto.

5. Jenang Jaket

Jenang jaket merupakan makanan khas purwokerto yang sudah tersohor dan memiliki banyak penggemar. Nama jaket dari jenang ini merupakan akronim dari “Jenang Ketan”.ketan yang dipakai untuk membuat jenang juga bukan ketan biasa, melainkan ketan hitam.  Kamu bisa membeli langsung ke sentra pembuatan jenang jaket yang berada di Jalan Adipati, Mersi, Purwokerto Timur.

6. Mendoan

Jika menyebut Purwokerto tak bisa lepas dari yang namanya Mendoan. Makanan yang terbuat dari tempe persegi dan tipis dengan dibalut adonan tepung berbumbu dan digoreng setengah matang ini memang menjadi ikon dari Purwokerto. Tempe mendoan bisa juga dijadikan oleh oleh dengan membeli tempe dalam keadaan mentah dan membeli tepung mendoan khusus yang dijual di toko pusat oleh oleh khas Purwokerto.

7. Serabi Purwokerto

Tidak hanya kota Bandung dan Solo saja yang memiliki Serabi, kota Purwokerto juga memiliki Serabi khas Purwokerto. Yang membedakan serabi Purwokerto dengan kota lain adalah adonan manis yang ada di bagian tengahnya.

8. Lumpia Bom

Meskipun lebih identik dengan kota Semarang, namun Purwokerto juga memiliki lumpia. Lumpia Purwokerto atau biasa disebut Lumpia Bom berbeda dengan lumpia Semarang.  Lumpia bom memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan isi didalamnya berupa sayuran segar yang dicampur telur, daging maupun seafood.

Demikian beberapa oleh oleh khas Purwokerto yang paling Populer dan diminati wisatawan.  Kurang lengkap rasanya apabila berkunjung ke purwokerto tanpa menjadikan makanan khas diatas sebagai oleh oleh.

Posting Komentar untuk "Oleh Oleh Khas Purwokerto Paling Dicari Wisatawan"