Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpul Keluarga? Cobain 5 Tempat Makan Bernuansa Alam di Medan Ini!

Selain tempat makan yang mempunyai konsep vintage dan instagramable di Kota Medan juga banyak terdapat Restoran yang mempunyai konsep alam dan taman bermain, Pustakawan Barru mencoba merangkum tempat makan bernuansa alam di Medan yang layak untuk cariers coba.

1. Budaya Resto

tempat makan bernuansa alam di Medan, Budaya Resto
Youtube : AFA Entertainment

Budaya Resto atau Restoran Budaya berlokasi di jalan lintas Sumatera tepatnya di Tanjung Morawa, Deli Serdang. Restoran ini hadir dengan cita rasa nusantara, dengan menawarkan berbagai menu khas Indonesia. Restoran Budaya memiliki lahan yang lumayan luas, karena mereka menggabungkan restoran dengan fun land yang menawarkan berbagai aneka permainan anak-anak hingga orang dewasa.

Suasana di dalam restoran Budaya Resto

Suasana di Budaya Resto bisa dibilang sangat asik. Kita disajikan aneka makanan kuliner nusantara sambil diiringi alunan musik tradisional dan gamelan. Ada banyak pilihan menu makanan yang bisa cariers pilih. Restoran Budaya ini lumayan ramai jika cariers berkunjung di akhir pekan. Hal yang menjadi daya tarik dari Restoran lainnya yaitu adanya taman bermain yang disebut Budaya Land.

Budaya Land

Budaya Park atau Budaya Land merupakan tempat bermain yang khusus di desain khusus oleh Restoran Budaya. Tiket Masuknya sebesar Rp 35.000,-/orang di waktu Weekdays dan atau Rp 100.000,-/orang (sudah bisa bermain sepuasnya). Bagi cariers yang makan di Restoran budaya minimal 35.000, akan mendapatkan satu tiket masuk ke Budaya Land. Namun untuk bermain beberapa permainan harus membayar lagi.

Adapun beberapa permainan di Budaya Land ini yaitu Sepedaan, ATV, Flying Fox, Panahan, Istana Balon, Naik Perahu, paint ball dan banyak lagi. Cariers, dapat Download Cari Aja untuk dapat menjadi satu panduan menuju ke tempat makan bernuansa alam di Medan ini.

2. Cafe Rumah Pohon

tempat makan bernuansa alam di Medan, Cafe Rumah Pohon
Cafe Rumah Pohon. Sumber Youtube: Louiscia 93

Namanya Cafe Rumah Pohon, berlokasi di Jalan Sei Belutu, Medan. Cariers akan cukup mudah menemukan tempat ini, dari pinggir jalan terpampang petunjuk tempat yang bertuliskan “Cafe Rumah Pohon, Chamil Residence”. Suasana di depan pintu masuk ke cafe lumayan sunyi, tertutup pagar dan rimbunnya pohon. Begitu cariers masuk ke dalam akan disambut dengan sebuah rumah kayu artistik berlantai dua lengkap dengan halaman luasnya.

Pohon rambutan yang menjadi pondasi Cafe Rumah Pohon

Seperti Namanya maka Cafe ini berpusat pada sebuah pohon rambutan tua yang diubah menjadi sebuah rumah pohon, rumah yang dulunya dibuat sebagai tempat bermain cucu-cucu dari bapak si pemilik cafe. Saat ini rumah pohon terbagi menjadi dua lantai yang jadi tempat bersantai untuk para pengunjungnya, lantai pertama menggunakan AC, sedangkan lantai kedua menggunakan kipas angin dan “AC alam”.

Makan malam di Cafe Rumah Pohon

Selain di dalam ruangan, kursi-kursi dan meja-meja juga tersedia di sekeliling rumah pohon. Ada yang beratapkan kayu, dan ada yang beratapkan ranting pohon alami yang masih hidup. Sehingga apabila hujan turun, mereka yang memilih duduk di bawah ranting pohon mau tidak mau harus pindah.

Spot berfoto di Cafe Rumah Pohon

Penataan interior tempat makan bernuansa alam di Medan ini penuh dengan berbagai alat makan yang ada di dalam cafe, juga bisa membuat cariers bernostalgia menuju beberapa dekade ke belakang. Piring dan gelas kaleng yang digunakan mengingatkan ke zaman orang tua kita waktu masih remaja. Hal ini terasa kontras dengan pemandangan di luar hingga di sudut-sudutnya yang kerap dipenuhi oleh muda-mudi yang berfoto dan selfie ria. Inilah tempat ketika kekinian yang dipadukan dengan nuansa nostalgia dikelilingi dengan aneka pemandangan alami.

Nasi Bakar Cafe Rumah Pohon

Untuk menunya cukup beragam, tapi lebih ke menu-menu warisan nusantara dan tradisional. Ada menu paket juga yang komplit sama minumnya. Cariers boleh mencoba Paket C seharga 35.000. Yang Isinya nasi putih, sayur daun ubi tumbuk, sambal ikan gabus rebus dengan bumbu bawang batak, tumisan terong telunjuk dan tempe, serta kerupuk.

3. Kenanga Garden

tempat makan bernuansa alam di Medan, Kenanga Garden
Area cafe. Sumber: dolandolen.com

Kenanga Resto adalah nama yang sebuah restoran keluarga yang sudah tidak asing lagi di Kota Medan. Tempat makan bernuansa alam di Medan ini sudah ada selama lebih kurang 20 tahun, saat ini berganti nama menjadi Kenanga Garden. Kenanga Garden dikenal karena mempunyai tempat yang asri dengan telaga yang luas. Pemandangannya cukup indah dan menyejukkan mata. Sangat menyenangkan berkunjung dengan keluarga ke restoran ini.

Di bagian tengah telaga terdapat gazebo yang digunakan sebagai restoran. Bagian ini menjadi favorit bagi setiap pengunjung yang datang ke sini. Selain tempatnya nyaman, juga tersedia beberapa set kursi dan meja untuk menikmati hidangan di restoran ini. Cariers dapat memilih duduk di dalam gazebo, terutama di bagian lorongnya. Cariers akan dapat melihat pemandangan di sekitar kolam yang asri dan juga menikmati suasana yang tenang. Restoran ini menyajikan menu-menu nusantara yang cukup lezat dengan harga yang cukup terjangkau.

Kenanga Garden bukan hanya sebagai restoran biasa tetapi juga sebagai wahana hiburan dan rekreasi bagi keluarga. Terdapat banyak fasilitas ditempat ini seperti kolam renang, outbond area, paintball field, flying fox, photography shoot, function hall dan meeting rooms.

Tempat ini juga menjadi tempat popular bagi kalangan fotografer wedding Kota Medan, karena banyak spot-spot menarik untuk melakukan pemotretan. Untuk melakukan pemotretan pre wedding di sini tidak dipungut biaya, cukup hanya melakukan pemesanan makanan dengan minimal transaksi sebesar Rp. 350.000 di restoran ini.

Kolam renangnya juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama pada sore hari dan hari libur. Tiket masuk yang cukup terjangkau sebesar Rp. 25.000/orang (untuk Hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur) serta untuk hari biasa sebesar Rp. 20.000 untuk dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak-anak. Dengan fasilitas yang cukup memadai sebagai tempat rekreasi keluarga membuat Kenanga Garden menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Cariers yang suka dengan suasana yang tenang dan pemandangan alam yang indah, wajib datang ke Kenanga Garden, bersama pasangan, teman-teman maupun keluarga tercinta.

4. Desa-Desa Resto & Cafe

Jika ingin menikmati suasana resto Bali di kota Medan, cariers dapat memilih Desa-Desa Resto & Café, karena di desa-desa resto & cafe menghadirkan suasana pedesaan dengan ornamen Bali. Ditambah lagi dengan cahaya lilin yang agak redup dan musik klasik yang mengalun indah. Menjadikan suasananya semakin romantis. Tempat makan bernuansa alam di Medan ini bukan cuma cocok untuk orang berpasangan, tapi Cariers juga bisa kemari bersama teman atau keluarga.

tempat makan bernuansa alam di Medan, Desa-Desa Resto & Cafe
Suasana Desa-Desa Resto & Cafe. Sumber: medan.tribunnews.com

Menu yang disajikan di Desa-Desa Resto & Cafe adalah makanan dengan citarasa Indonesia. Desa-Desa Resto & Cafe menyediakan paket, seperti paket bebek bakar Desa-Desa, paket ayam bakar taliwang, dan paket ikan pepes Desa-Desa. Paket tersebut sudah termasuk nasi, terong goreng tepung, keripik kentang, dan lalapan.

Sebuah taman mini berada di tengah area. Sebelah kanan menyajikan suasana tradisional dan lesehan. Sedangkan area sebelah kiri menawarkan konsep modern tradisional dan ruang privat yang bisa digunakan untuk berbagai acara : arisan, rapat, ulang tahun dan sebagainya.

Rerimbunan pohon bambu membuat seisi area restoran menjadi teduh. Dinding dan tiang bambu, kursi kayu, atap rumbia, lukisan bertema pemandangan pedesaan, hiasan lampu dari batu, sepeda jadul, lantai berupa conblock, musik etnis instrumental, desir angin yang menimbulkan gemerisik daun bambu. Praktis, berada di sini seakan menyeret alam pikiran ke suasana pedesaan yang damai dan menenangkan, seperti pedesaan di Bali yang indah dan menawan.

Tirai berupa kain putih berpita merah berfungsi sebagai sekat sekaligus hiasan manis. Malam hari, lampu-lampu, lilin dan obor dihidupkan, sinarnya hanya temaram, tapi justru melahirkan kesan romantis yang mendalam. Nah tunggu apalagi Cariers, jika ingin mencari suasana yang benar-benar membawa kedamaian bisa mencoba Desa-Desa Resto & Café.

5. Omlandia

tempat makan bernuansa alam di Medan, Omlandia
Suasana di Omlandia. Sumber: superskinbaby.me


Tempat makan bernuansa alam di Medan
yang satu ini berlokasi di Jln. Raya Namorambe kab. Deli Serdang Sumatera Utara, sekitar 35 menit perjalanan dari inti kota Medan. Pertama kali memasuki restoran ini cariers akan disuguhi dengan pemandangannya yang nyaman dengan ruangan terbuka yang bergaya kuno ala Belanda.

Dalam ruangan restoran memang tampak klasik tetapi terasa pas dengan pemandangan sekitarnya. Menu yang ditawarkan pun cukup menggoda. Salah satu nya adalah Fish ala Omlandia yang memakai ikan Nila fillet di goreng tepung disajikan dengan salad dan home made french fries dan masih banyak lainnya.

Omlandia bukan hanya sekedar restoran saja tetapi memiliki kolam renang dengan pemandangan luarnya yg eksotis menambah kesan alami dengan kolam diluar dan taman bermain untuk anak anak dan juga terdapat hotel untuk bermalam bagi Cariers yang ingin sekedar menyepi dari rutinitas.

Jika cariers sedang mencari tempat untuk berlibur dengan keluarga dengan suasana yang berbeda maka omlandia bisa mungkin bisa dijadikan pilihan, dengan menggunakan aplikasi pencarian tempat Cari Aja, maka Cariers tidak akan susah menemukan kelima tempat makan bernuansa alam di Medan.

Posting Komentar untuk "Kumpul Keluarga? Cobain 5 Tempat Makan Bernuansa Alam di Medan Ini!"