7 Tips Agar Tetap Bisa Produktif Bahkan Saat Sedang Menganggur Sekalipun

Daftar Isi

Saya yakin kita semua tentu tidak mau menjadi seorang pengangguran kan? karena selain membosankan, menganggur artinya tidak memiliki penghasilan yang tentu sangat buruk untuk masa depan kita ke depan.

Namun anehnya, banyak di antara kita yang justru bermalas-malasan ketika sedang menganggur, bangun siang, malas mandi, dll seakan akan menikmati keadaan menganggur tersebut.

Padahal justru pada saat menganggur inilah kita harusnya tetap berusaha produktif, agar bisa cepat mendapatkan kerja dan melatih diri tetap disiplin dalam keadaan apapun, sehingga tidak hanya meratapi nasib karena sudah lama menjadi pengangguran.

Apalagi di zaman sekarang ini ada banyak hal yang bisa kita lakukan, agar waktu menganggur kita tidak terbuang sia-sia dan bisa membuat kita menjadi lebih baik dan lebih produktif.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini izinkan Pustakawan Barru untuk membagikan tips agar tetap bisa produktif pada saat kita sedang menganggur, yang semoga bisa memberikan sedikit inspirasi buat sahabat semua.

Kira-kira apa saja yang kita bisa lakukan pada saat menganggur tersebut? yuk ikuti ulasannya di bawah ini.

Tips Agar Tetap Bisa Produktif Bahkan Saat Sedang Menganggur

7 Tips Agar Tetap Bisa Produktif Bahkan Saat Sedang Menganggur Sekalipun

1. Disiplin Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebelum kita melakukan hal lainnya, agar bisa produktif di saat sedang menganggur tentu kita harus bisa disiplin dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tidur tepat waktu dan bangun juga tepat waktu, jangan malah sebaliknya, begadang sampai pagi dan siangnyapun tidur seharian, hingga waktu berlalu begitu saja.

Lantas bagaimana kita bisa produktif?

Untuk itu tetap displin layaknya kita sedang bekerja merupakan langkah awal yang harus kita lakukan, agar cukup banyak waktu yang bisa kita dapatkan untuk sekedar mencari informasi lewat koran, internet ataupun untuk tetap menjadi badan tetap sehat dan fress.

Baca juga : Menulis Online, Bisnis Maya Paling Asyik

2. Silaturahmi Ke Tempat Kerabat Dan Sahabat

Dari pada hanya beridam diri di rumah, lebih baik kita banyak silaturahmi ke tempat kerabat dan sahabat yang mungkin belum sempat kita lakukan di saat kita dulu sedang sibuk bekerja, siap tahu pada saat kita silaturahmi mereka memiliki informasi tentang peluang pekerjaan ataupun bisnis yang bisa kita ambil.

Jika tidak mendapat informasipun, degan silaturahmi, setidaknya kita tetap menjaga kekerabatan dan kita tidak terlalu bosan dan jenuh dengan suasan dirumah.

3. Mencoba Kerja Online

Zaman sekarang merupakan era internet marketing di mana tak hanya didunia offline didunia onlinepun sebenarnya ada banyak sekali peluang kerja online yang bisa kita ambil jika kita rajin dan mau mencoba.

Misalnya menjadi seorang penulis lepas (content wirter), menjadi seorang blogger, membuka jasa penerjemah, youtuber, dll.

Jika sahabat rajin membaca berita atau searching di google, tentu pernah mendengarkan mereka mereka yang sukses dari bisnis online? lalu kenapa kita tidak mencoba mengikuti jejak mereka.

4. Meningkatkan Skill Dan Kemampuan

Nah saat menganggur ini adalah saat yang tepat juga buat sahabat mengasah dan meningkatkan skill, agar kita bisa menjadi orang yang lebih terampil lagi, sehingga bisa dengan mudah mendapatkan peluang pekerjaan ataupun menciptakan lapangan kerja.

Misalnya dengan mengikuti kursus yang sesuai dengan bidang yang sobat minati dan memiliki peluang bisnis yang baik seperti menjahit, mengemudi, bengkel dan juga bahasa inggris.

Sehingga, kita tidak lagi menjadi orang yang hanya mengandalkan perusahaan ataupun orang lain untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

5. Ikut Organisasi Di Masyarakat

Mengikuti organisasi masyarakat juga pilihan tepat agar tetap produktif saat menganggur, karena di sana tentu kita akan memiliki banyak teman dan relasi yang tentu akan semakin terbukanya informasi dan peluang kerja buat kita.

Ada banyak sekali organisasi kemasyarakatan yang bisa kita ikuti seperti Karang taruna, Remaja mesjid, PHBI, ataupun komunitas komunitas positif lainnya.

6. Mencoba Berdagang

Berdagang juga merupakan cara ampuh agar tetap produktif saat menganggur, karena kita tetap bisa mendapatkan penghasilan dan bukan tidak mungkin juga suatu saat kita bisa menjadi pengusaha dari berdagang.

Karena sudah banyak buktinya orang orang yang sukses dari berdagang, apalagi saat ini ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berdagang misalnya dengan cara dropshipper atau reseller, berjualan di CFD, berjualan di pameran-pameren, jualan online dll yang terbilang tidak memerlukan modal yang cukup besar untuk kita memulainya.

Baca juga : Peluang Terbuka Lebar! Inilah Cara Bisnis Online PPOB

7. Rajin Berolah Raga

Apapun kondisinya berolah raga merupakan hal yang wajib kita lakukan, agar badan kita tetap sehat dan fit, karena tanpa badan yang sehat, lantas bagaimana kita bisa melakukan hal lainnya?

Ia kan? sedangkan olah raga itu mudah kok, misalnya cukup dengan lari-lari kecil di sekitar rumah, atau jalan di pagi hari mengitari desa ataupun berolah raga di alun alun dan taman kota.

Kesimpulan : Ada banyak hal yang bisa kita lakukan meskipun kita sedang menganggur sehingga tidak ada alasan buat kita bermalas malasan dan berleha diri, karena tantangan kedepan akan semakin besar, dan masa depan yang baik sedang menunggu kita.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar