10 Rahasia Agar Anak Tumbuh Tinggi Dengan Cepat

Daftar Isi

Pertumbuhan fisik anak mulai signifikan terjadi pada usia 2 tahun. Pada masa tersebut tulang dan otot anak mulai kuat dan tubuhnya semakin tinggi dengan pola pertumbuhan kurang lebih sekitar 2,5 cm pertahun. Namun ada saatnya di mana anak mulai berhenti untuk tumbuh tingginya yakni ketika anak memasuki masa pubertas. Anak laki-laki berhenti untuk tumbuh lebih tinggi badannya pada usia 20 tahun sedangkan untuk anak perempuan bisanya sekitar usia 14 tahun.

Semua orang tua pasti sangat ingin sekali melihat anaknya tumbuh tinggi dan sehat. Untuk menjadikan anak tumbuh tinggi secara optimal Anda harus memperhatikan asupan gizi badan terutama pada tulang. Memakan makanan yang bergizi melakukan pola hidup yang teratur seperti tidur yang teratur, olahraga, juga harus diperhatikan. Namun sebagian orang tua beranggapan bahwa anak yang berbadan pendek merupakan faktor keturunan atau gen tetapi itu tidak selalu benar.

Anak yang mengkonsumsi makanan bergizi serta melakukan pola hidup teratur semasa kecil akan membantu pertumbuhan anak khususnya pada tinggi badan. Berikut ini akan kami bagikan beberapa informasi mengenai cara agar anak tumbuh tinggi dengan cepat.

Ilustrasi Pertumbuhan Tinggi Badan Anak
Ilustrasi Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

Cara Agar Anak Tumbuh Tinggi Dengan Cepat 

Di bawah ini terdapat beberapa cara atau tips agar anak tumbuh tinggi dengan cepat. Secara umum cara atau tips tersebut adalah mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dan melakukan pola hidup sehat. Selanjutnya silakan Anda mengikuti cara atau tips yang telah dijelaskan pada artikel di bawah ini.

1. Minum Susu Secara Teratur

Semasa kecil hingga tumbuh besar rutinlah Anda sebagai orang tua untuk memberikan susu secara teratur karena susu memiliki sumber kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Sebuah penelitian di America dalam Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa segelas susu non sapi setiap harinya dikaitan dengan tinggi badan 0,4 cm lebih rendah dari pada rata-rata untuk usia anak-anak, jadi mengkonsumsi susu secara teratur akan membantu tinggi badan pada anak.

2. Mengkonsumsi Telur Setiap Hari

Telur merupakan makanan bernutrisi tinggi yang berperan penting untuk pertumbuhan tinggi badan si buah hati. Anak-anak yang berusia 6 bulan setelah MPASI dapat berkembang lebih cepat bila diberi satu butir telur setiap hari. Jadi bagi Anda para orang tua tidak usah takut anak akan berbau amis keringatnya jika diberi telur waktu kecil mungkin ini anggapan para orang tua terdahulu. Kenyataannya tidak lah seperti itu dengan memberikan telur pada anak sejak dini akan membantu tumbuh kembangnya dengan baik. 

3. Makan Daging Ayam

Dengan mengkonsumsi daging ayam secara teratur dapat meningkatkan tinggi badan saat masa pubertas anak, karena daging ayam memiliki kandungan yang sangat baik seperti protein yang berperan untuk perkembangan tulang dan otot.

4. Makan Pisang Secara Teratur

Bayak yang belum tahu tentang manfaat dan kandungan yang terkandung dalam buah surga yang satu ini. Buah pisang memang disebut-sebut sebagai buah surga karena kandungan vitamin yang sangat baik untuk pertumbuhan anak seperti mangan, kalium dan kalsium yang banyak diperlukan untuk memperkuat otot dan tulang.

5. Mengkonsumsi Kedelai

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang bisa membantu buah hati untuk mencapai tinggi badan yang optimal. Sebab kedelai banyak mengandung asam folat, vitamin, protein dan karbohidrat yang membantu perkembangan tulang dan otot pada anak.

6. Makan Ikan

Beberapa ikan mengandung zat yang diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang seperti ikan salmon, sarden, ikan tuna. Ikan jenis ini kaya akan vitamin seperti vitamin D, kalsium dan omega-3.

7. Olah raga

Agar pertumbuhan tinggi badan anak berlangsung secara optimal anak dianjurkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti olahraga, berjalan cepat, bersepeda atau berenang. Olahraga seperti ini olahraga yang sederhana yang dapat dilakukan oleh anak-anak dan pastinya menyenangkan dan membuat anak merasa gembira. Lakukan aktivitas olahraga ini secara teratur dengan demikian pertumbuhan tulangnya akan terstimulasi dan menghindarkan anak dari risiko kegemukan.

8. Tidur Yang Teratur

Tidak ada yang namanya kata terlambat untuk mengdongkrak pertumbuhan tinggi badan anak selama ia masih dalam tahapan pertumbuhan. Peran orang tua sangat diperlukan untuk memberikan nutrisi dan stimulasi yang anak butuhkan dan membantu ia mencapai tinggi badan secara optimal. Pemberian nutrisi dan stimulasi yang diberikan harus diimbangi dengan tidur malam yang cukup yaitu selama 10-12 jam, karena saat tidur tubuh melepas hormon yang dapat menstimulasi pertumbuhannya, semakin lelap anak tidur dengan durasi waktu yang cukup maka akan semakin optimal pula kerja hormonnya.

9. Dengan Bantuan Sinar Matahari

Ajaklah anak Anda untuk beraktivitas di luar rumah dan batasi anak-anak untuk menonton TV bermain gadged, karena menghabiskan waktu di luar rumah akan sangat menghasilkan dari pada di dalam rumah. Dengan cara seperti itu anak akan terkena sinar matahari secara langsung untuk mendapatkan banyak vitamin D. Vitamin D merupakan vitamin yang bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan otot pada anak. Definisi vitamin D telah terbukti menghambat pertumbuhan dan penyebaran kenaikan berat badan pada remaja perempuan. 

10. Beri Semangat Pada Anak

Jadilah orangtua yang super bagi anak selalu memberi semangat yang membuat ia yakin dan nyaman dengan tubuhnya sendiri. Beri semangat kepadanya untuk melakukan aktivitas yang bisa membuat tubuhnya tinggi seperti olahraga lompat tali atau bahkan oleh raga yang ekstrim. Jangan batasi anak untuk melakukan oleh raga yang ia sukai karena dengan begitu anak semakin percaya diri dan ini akan membantu pertumbuhan tulang dan otot dengan baik.

Itulah beberapa cara agar anak tumbuh tinggi secara cepat yang paling penting adalah Anda sebagai orang tua harus selalu memperhatikan atau memantau perkembangan dan pertumbuhan anak sehingga berbagai risiko gangguan bisa dicegah sejak dini.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar