12 Makanan Terbaik Yang Membuat Anak Cerdas dan Sehat

Daftar Isi

Diberi kepercayaan seorang anak, merupakan anugerah yang luar biasa bagi kita semua, apalagi anak-anak tumbuh sehat dan semakin pintar menjadikan kita seorang ibu merasa berhasil, dalam hal memberikan nutrisi yang baik untuknya. Perkembangan kecerdasan otak terjadi pada masa anak-anak oleh karena itu berikan makanan yang terbaik yang biasa membuat anak cerdas.

Melihat anak yang aktif dan berlarian ke sana kemari adalah hal yang wajar dilakukan oleh seorang anak, rasa ingin tahu yang tinggi menjadikan anak selalu bertanya tentang sebab akibat yang kadang membuat kita bingung untuk menjawabnya. Terkadang kita juga sedikit kesal karena mereka selalu bertanya-tanya dengan anak yang suka bertanya-tanya atau kalau orang-orang menyebutnya cerewet, ini menandakan bahwa otak anak bekerja.

Makanan yang Membuat Anak Cerdas
Makanan yang Membuat Anak Cerdas

Untuk membantu agar anak semakin cerdas, tidak cukup hanya mengajarinya, Anda harus mendukung kecerdasan otak dengan memberikan asupan yang bernutrisi tinggi, seperti yang akan kita bahas kali ini tentang makanan yang baik untuk otak anak. Wah, apa saja makanan tersebut? Mari kita melihat ke bawah.

Makanan yang Membuat Anak Menjadi Cerdas

Kecerdasan anak dipengaruhi oleh banyak faktor seperti keturunan, lingkungan dan makanan. Sebagai seorang ibu sudah seharusnya memberikan makanan yang baik dan bisa mendukung kecerdasan si anak. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membuat otak anak menjadi cerdas:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah jenis ikan yang mengandung protein berkualitas tinggi dan juga kaya akan vitamin. Perlu diketahui bahwa vitamin tersebut meliputi Vitamin A Vitamin,D, Vitamin E, Dan Vitamin K. Ikan salmon ini memiliki sumber lemak yang sehat dan juga sangat baik untuk menunjang perkembangan otak si buah hati. 

2. Alpukat

Buah yang berjenis alpukat ini mengandung banyak serat dan vitamin E yang baik untuk kesehatan. Banyak ibu-ibu yang mengatakan bahwa makanan pertama yang baik dikonsumsi bayi setelah Asi adalah alpukat. karena alpukat yang kaya akan lemak sehingga bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

3. Telur

Telur ayam atau telur bebek merupakan sumber protein tinggi, dan yang paling disukai oleh ibu-ibu adalah harganya yang murah, kuning telur ini mengandung kolin. Kolin adalah suatu zat yang dapat membentuk perkembangan memori atau daya ingat anak.

4. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan merupakan makanan spesial karena makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu juga, kacang memiliki kandungan vitamin, mineral dan juga serat. Kacang ini sangat baik untuk otak sebab dapat mempertahankan energi dan kemampuan berfikir pada anak-anak. Menurut penelitian kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega-3 dari pada kacang-kacang lainnya.

5. Sayuran

Sayuran sangat bagus untuk kesehatan tubuh, selain kesehatan tubuh sayur juga bisa membuat otak anak berkembang semakin baik seperti sayuran tomat, ubi jalar merah, wortel, labu, bayam. sayuran-sayuran yang kaya antioksidan dan membuat sel-sel otak menjadi kuat dan sehat. 

6. Daging Sapi Tanpa Lemak

Zat besi merupakan jenis mineral esensial yang bisa membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi saat sekolah. Daging sapi merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan mengkonsumsi sebanyak 1 ons saja perhari, maka tubuh anak akan terbantu dalam penyerapan zat besi  dari sumber lainnya, daging sapi yang rendah lemak juga mengandung mineral seng yang dapat memelihara daya ingat. 

7. Ubi Jalar

Makanan ubi merupakan salah satu makanan yang disukai oleh anak-anak karena mempunyai rasa yang manis. Ubi mempunyai kandungan vitamin C, mineral dan zat besi yang menunjang perkembangan tulang.

8. Ikan Lele

Ikan lele mengandung karbohidrat, protein, serat dan lemak yang baik, ikan lele juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C, Vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zinc dan juga kaya akan vitamin D. Semua ini tentu sangat baik untuk perkembangan otak anak, jadi pilihlah ikan lele ini sebagai daftar menu sehari-hari anda. Namun anda harus teliti dalam memilih ikan lele ini, pilihlah ikan lele yang dikembangkan oleh peternakan, karena kemungkinan mengandung merkuri lebih sedikit yang diberikan pakan khusus.

9. Brokoli

Sayuran yang bentuknya mirip jamur tetapi mempunyai warna hijau ini ternyata memiliki beberapa kandungan seperti serat, folat kalsium, dan bahkan mampu menangkal kanker. Bagi anda seorang ibu mulailah perkenalkan anak anda dengan jenis sayuran ini sejak awal, agar terbiasa menyukai sayuran hijau.

10. Pisang

Buah-buahan merupakan makanan yang baik untuk perkembangan anak salah satunya adalah buah pisang. Buah surga yang satu ini mengandung zat-zat bergizi seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, belerang, zat besi dan tembaga. Waw, sangat banyak bukan? kalium merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga fungsi otot dan menjaga kesehatan jantung. Kalau Zat besi dan tembaga diperlukan untuk menjaga tingkat sel darah dan hemoglobin yang baik. Sedangkan untuk kalsium merupakan mineral yang penting untuk perkembangan tulang.

11. Labu Kuning

Labu kuning mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin B, Vitamin A(beta karotin) Vitamin C, karbohidrat, serat, asam folat, zat besi, protein, kalsium serta potasium, selain itu juga labu kuning dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga sangat baik untuk kesehatan si buah hati.

12. Youghurt

Youghurt ini mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat tinggi, sehingga baik sekali dikonsumsi bayi mulai dari 6 bulan setelah ASI. Youghurt merupakan makanan produk susu yang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang tinggi sehingga sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Itulah tadi beberapa makanan yang sudah terbukti untuk menunjang kecerdasan otak anak. Jadi cobalah untuk memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi mereka setiap hari, karena apa yang ia makan akan berpengaruh pada kecerdasannya.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar