Teknik menulis puisi yang bagus dan berkualitas. Terbukti!

EDY SYAM
0

Teknik menulis puisi perlu kamu pahami segera. Mengapa? Agar hasil karyamu berupa puisi membuat puas para pembaca dan pendengarnya. Dalam menulis puisi kamu perlu belajar lebih dalam lagi tentang teknik menulis puisi bebas yang mudah kamu praktikkan.

Teknik menulis puisi yang bagus dan berkualitas

bagaimana cara menulis puisi yang baik? Menulis puisi yang baik selalu dimulai dari:

  1.     menentukan topik yang tepat
  2.     Menentukan judul puisi
  3.     kata kunci
  4.     Menentukan diksi
  5.     Pemilihan majas

Sebuah puisi yang indah, maknanya dalam dan menghunjam ke dalam hati. Sehingga akan membuat pembaca puisimu merasa senang dan bahagia. Mereka tidak akan bosan karena puisi yang kamu ciptakan serasa hidup. Mau bisa menulis puisi yang menarik dan lebih hidup? Yuk, simak dalam artikel ini.

Teknik menulis puisi yang baik

Ilmu tentang teknik menulis puisi bukan hanya monopoli para penyair dan sastrawan. Siapapun bisa mempelajarinya dengan mudah termasuk kamu. Dasar dari teknik menulis puisi adalah memaksimalkan imajinasi dan perasaan. Pakar bahasa arab mengatakan bahwa puisi terindah adalah puisi yang lahir dari olah imajinasi yang mendalam.

Lantas pertanyaannya, apakah menulis puisi itu sulit?

Menulis puisi itu tidak sesulit menulis karya ilmiah yang harus menyertakan data dan fakta dalam tulisannya. Dalam karya ilmiah, Anda perlu melakukan penelitian mendalam untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Menulis puisi juga membutuhkan riset tapi tidak serumit riset dalam artikel ilmiah.

Cara menulis puisi yang menarik

Puisi termasuk karya sastra yang paling banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menemukan karya puisi dalam surat kabar, media online dan buku-buku sekolah. Walaupun mudah kamu menemukan. Tetapi tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menulis puisi yang baik dan benar sesuai dengan aturan mengarang puisi.

Berikut panduan menulis puisi menarik yang baik dan benar:

1. Menentukan topik yang tepat

Jauh sebelum kamu membuat puisi, kamu perlu menentukan topik yang tepat. Apa topik puisi yang akan Anda usung. Topik sebuah puisi membantu Anda menemukan gaya bahasa, narasi, diksi dan lain sebagainya. Misalnya saja, kamu akan membuat puisi dengan topik cinta dan kasih sayang. Maka Kamu perlu menggunakan diksi kata yang berbunga-bunga dan menyentuh.

2. Menentukan judul puisi

Setelah kamu menemukan tema puisi yang tepat. Selanjutnya, Anda bisa menentukan judul puisinya. Menulis judul puisi bisa kamu lakukan setelah puisi selesai ditulis atau sebelum menulinya puisi. Suka suka kamu saja.

3. Penentuan kata kunci

Terkadang bagi  kamu yang merasa pemula, menulis puisi benar-benar terasa sulit. Tetapi jangan kawatir, kamu bisa memulai menulis puisi dengan menemukan kata kunci. Boleh dibilang, kata kunci  adalah clue yang kamu siapkan untuk memancing imajinasi liar dan kreatif.

4. Menentukan diksi

Puisi termasuk karya sastra yang indah, maka perlu memilih kata yang tepat agar puisi yang kamu tulis menjadi hidup. Untuk menghasilkan diksi puisi yang beragam, bervariasi dan tepat Anda perlu jam terbang tinggi. Puisi yang bagus selalu menggunakan diksi yang relevan dan tepat. Sehingga membuat pendengar merasa tertarik. Mereka mudah hanyut dalam alunan ritme puisi yang menarik hati.

5. Pemilihan majas

Salah satu faktor penting yang perlu kamu kuasai dalam menulis puisi adalah memahami majas. Ringkasnya, majas adalah kiasan yang akan menjadi penyangga bagi puisi agar tampak hidup.

Teknik menulis puisi yang menarik

1. cara menulis puisi

Untuk menghasilkan puisi yang menarik kamu perlu melatih diri kamu menulis puisi. Latihan yang kontinu dan terus menerus akan mengasah keahlianmu dalam menggoreskan pena menulis puisi.

2. Teknik menulis puisi bebas

Apakah puisi bebas itu? Puisi bebas adalah puisi yang tidak selalu terikat rima, matra, jumlah baris dan larik. Sehingga saat kamu akan menulis puisi bebas ini, kamu tidak terikat oleh aturan yang ketat yang akan membebani kreativitas dan imajinasi kamu.

Bagaimana cara menulis puisi bebas? Kamu bisa menulis puisi bebas dengan memilih kata pilihan. Misalnya saja, kalimat yang memiliki kandungan makna padat dan tidak bersayap. Puisi lebih hidup dan menarik apabila kamu bacakan dengan deklamasi. Jadi bukan sekedar membacanya dalam hati saja.

3. Teknik menulis puisi akrostik

kata akrostik berasal dari bahasa Yunani yaitu lafaz Akrostichis. Artinya sajak yang memiliki huruf awal baris dalam menyusun kata atau kalimat. Menulis puisi dengan metode akrostik, biasanya berisi susunan huruf-huruf pembentuk kalimat yang ada di awal baris.

Ciri utama puisi akrostik menggunakan huruf pada kata untuk memulai puisi. Sehingga baris-baris menggambarkan topik kata yang sangat penting. Puisi yang ditulis dengan metode akrostik ini berbeda dengan puisi yang lainnya. Dalam metode akrostik ini, huruf awal setiap baris mengeja kata yang dapat dibaca secara vertikal.

Karaktersitik puisi aktostik:

  •     Tiap baris selalu dimulai dengan huruf kapital
  •     Membaca, meneliti dalam rangka untuk menemukan kata yang baik
  •     Terkadang kalimat tidak begitu penting
  •     Menulis puisi menjadi lebih mudah dan menyenangkan


4. Teknik menulis puisi yang baik

Untuk bisa menulis sebuah puisi yang indah dan berkualitas, ada beberapa poin yang perlu kamu pelajari:

menentukan gaya puisi

Agar puisi yang kamu gubah menarik dan tidak membosankan, maka kamu perlu menemukan tema dan gaya puisi yang tepat. Sehingga saat puisi yang kamu ciptakan disajikan, maka akan membuat pendengar suka dengan dan bahagia.

Menemukan tema dan judul puisi

Setelah Anda menemukan gaya yang tepat, selanjutnya kamu perlu memilih tema. Tema apa yang tepat untuk puisi kamu ini. lagu tema puisi yang menarik hati dan memiliki kesan mendalam. Sehingga akan memudahkan kamu dalam menyusun puisi.

Bayangkan suasana

Untuk menghasilkan puisi yang bagus dan berkualitas, maka kamu perlu menggunakan imajinasi. Imajinasi adalah anugerah Tuhan yang Maha Indah. Sehingga imajinasi yang mengalir alami akan menghasilkan letupan kata, kalimat berbalut nilai luhur dan indah.

Gunakan gaya bahasa yang khas

Gaya bahasa perlu kamu gunakan saat menggubah sebuah puisi. Bukankah puisi termasuk salah satu karya sastra terbaik. Maka kamu bisa menggunakan majas sebagai sebuah pemantik untuk membuat puisi lebih hidup.

Kembangkan puisi lebih indah

Dalam menggubah  puisi kamu perlu memerhatikan setiap kata demi kata, kalimat demi kalimat. Bukan sekedar susunan kata dan kalimat tetapi susunan kata dan kalimat yang memiliki kedalaman makna yang tinggi dan indah.

Kesimpulan

Puisi yang bagus dan berkualitas mampu menarik minat para pembacanya. Untuk menghasilkan kualitas puisi yang menarik, kamu perlu belajar tentang teknik menulis puisi yang baik dan benar. Untuk menghasilkan puisi yang padat, berisi dan penuh maka Anda perlu mendalami teknik menulis puisi yang sudah penulis sajikan dengan cermat dan hati-hati. 

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)