Breaking News

Beragam Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Khasiat Madu Bagi Kesehatan - Pemanfaatan madu telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Konon aktivitas mengumpulkan makanan telah berlangsung sejak 10.000 tahun yang lalu. Hal ini diperkuat adanya gambar pada dinding gua di Valencia, Spanyol yang memperlihatkan aktivitas dua laki-laki yang sedang meraih sarang lebah berisi madu.

Beragam Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Pada awalnya madu memang kebanyakan digunakan sebagai makanan, namun pada perkembangannya madu tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan, bahan pelengkap makanan, pemanis pengganti gula tetapi juga digunakan sebagai pengobatan serta menjaga kesehatan.

Hal ini dikarenakan madu memiliki banyak khasiat yang diperlukan bagi tubuh. Salah satunya adalah sebagai sumber energi. Hal ini dikarenakan madu mengandung gula yang cepat diserap sistem pencernaan sehingga membuat madu menjadi sumber energi instan.

Madu sebagai sumber pengobatan

Pada akhirnya madu tidak hanya digunakan sebagai makanan semata namun juga digunakan sebagai pengobatan. Awal sebagai pemula atau pelopor adalah masyarakat Yunani dan Romawi. Ada beberapa khasiat madu yang dimanfaatkan sebagai pengobatan, antara lain :

  • Digunakan untuk mengobati luka, madu digunakan untuk membuat salep sehingga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar dan akibat tujukan atau tergores benda tajam.
  • Sebagai antibiotik, madu mampu bekerja sebagai antibiotik alami yang mampu mengalahkan bakteri mematikan. Madu menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan antiseptik. Madu mampu mengeringkan bakteri sehingga membuat bakteri sulit tumbuh dan berkembang.
  • Sebagai pembunuh kuman, madu memiliki kandungan gizi seperti asam amino yang membantu menyembuhkan penyakit.
  • Digunakan untuk terapi, madu termasuk dalam 500 resep obat dari 900 resep bangsa Mesir yang diketahui. Mesir terkenal sebagai bangsa yang piawai meramu obat dari bahan alami. Banyak pengobatan modern yang mengacu pada terapi kuno penggunaan madu dari bangsa Mesir tersebut.

Khasiat Madu untuk Kecantikan

Madu juga tidak hanya sekedar digunakan untuk makanan dan juga pengobatan namun juga untuk kosmetik yang mendukung kecantikan kulit. Ada banyak wanita yang memanfaatkan madu sebagai masker. Madu sangat bermanfaat bagi kesehatan di antaranya mampu memberikan kelembaban pada kulit. Selain itu, madu juga digunakan sebagai masker yang berfungsi untuk mengurangi infeksi pada jerawat dan membuat jerawat lebih cepat kering.  Banyak wanita yang merasakan hasilnya dengan yang menggunakan madu sebagai peeling alami setelah dicampur dengan gula pasir.

Madu juga pernah digunakan untuk mengobati borok pada jari kaki seorang pasien berusia 79 tahun dan hasilnya jari pasien tidak jadi diamputasi karena terapi madu yang digunakan. Tidak ada yang memungkiri dan mengingkari bahwa madu mempunyai segudang khasiat.

Cairan kental dengan rasa manis ini sering digunakan untuk mempertahankan daya tahan tubuh, digunakan juga untuk meringankan batuk pada anak kecil serta mampu meningkatkan fungsi penyerapan kalsium pada tubuh. Dengan manfaat dan khasiat madu yang sangat mengagumkan tersebut, sehingga membuat banyak orang rutin mengkonsumsinya atau menggunakannya sebagai obat yang tidak memiliki efek samping.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close