Breaking News

5 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Lemot – Pernahkah kamu mengalami kendala ketika membuka terlalu banyak jendela pada laptop atau saat kamu sedang asik ber-internet ria? Jika iya, biasanya laptop terasa lebih lambat jika digunakan. Jika tidak segera diatasi, maka akan menghambat produktivitas kalian, baik untuk kebutuhan sekolah, kuliah, maupun pekerjaan. Oleh karena itu, berikut informasi mengenai penyebab kenapa laptop lemot dan cara solusi laptop lemot !

5 Penyebab Laptop Lemot Beserta Cara Mengatasinya

Berbagai Masalah Yang Menyebabkan dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ada banyak penyebab kenapa laptop menjadi lemot. Perlu kita teliti lebih dalam lagi tentang apa penyebab laptop lemot. Dalam artikel kali ini, Pustakawan Barru akan memberitahukan kepada kamu beberapa langkah untuk solusi laptop lemot. Jadi kamu tidak perlu repot-repot membawa laptop kamu kepada teknisi. Cukup dengan kamu kutak kutik sendiri saja maka kamu bisa mengatasi komputermu yang lemot.

Dalam masalah kali ini, ada beberapa bagian pada laptop yang bisa menyebabkan laptop kamu menjadi lamban dan lelet. Selain masalah hanrdware ada juga masalah software yang dapat mempengaruhi mengapa laptop lemot. Untuk itu, berikut kami sajikan dan jabarkan cara agar laptop tidak lemot.

Periksa Hard Disk Secara Berkala Agar Laptop Tidak Lemot

Jika kamu menemukan laptop lemot, maka masalah utama yang terjadi yaitu karena Hard Disk. Umumnya, hard disk yang sudah usang mempengaruhi performa dari laptop secara keseluruhan. Hal ini biasanya juga disebabkan karena hard disk yang susah untuk membaca data pada partisi, sehingga membuat laptop jadi lelet.

Dalam melakukan proses pencarian serta pembacaan data, sistem komputer akan bekerja dengan cara menggunakan sistem indeks. Apabila tidak pernah melakukan defragmentasi, akibatnya data yang tersimpan berserakan dan membutuhkan proses yang lebih lama untuk mengakses keseluruhan data yang diinginkan.

Tak hanya masalah pada hardisk yang sudah usang saja, ternyata penyebab laptop lemot juga terjadi karena hard disk yang hampir penuh. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu wajib melakukan defragmentasi setidaknya seminggu atau dua minggu sekali. Caranya cukup mudah, ketikkan Disk Defragmenter pada Start Menu, dan lakukan secara terjadwal.

Saran kami, jika hardisk kamu sudah penuh, lebih baik ganti dengan hardisk yang kapasitasnya lebih tinggi. Untuk menyesuaikan kapasitas maksimal hardisk, lebih baik kamu melihat spesifikasi laptop terlebih dahulu.

Mengatasi Laptop Lemot Dengan Hapus Temporary Files yang Terlalu Banyak

Temporary file yang terlalu banyak di dalam laptop juga menjadi salah satu penyebab kenapa laptop bisa lambat. Jika dilihat secara mendetail, memang benar temporary file ini berguna untuk mempercepat akses data pada situs situs yang pernah dikunjungi. Sayangnya, file-file tersebutlah yang mampu menyebabkan perangkat laptop jadi lemot.

Seperti contoh jika hard disk sudah hampir dalam kapasitas maksimal, maka keberadaan temporary files ini disinyalir memakan ruang yang banyak. Untuk menangani masalah atau penyebab laptop lemot, kamu bisa menggunakan berbagai cara untuk membersihkannya. Pertama dengan menggunakan shorcut Windows + R dan menuju file temp, lalu manfaatkan aplikasi eksternal.

Start Up Program yang Digunakan Terlalu Banyak Membuat Laptop Terasa Lemot

Banyaknya start up program yang anda jalankan bisa mempengaruhi kinerja laptop. Hal ini dapat membuat performa laptop terasa lemot dan lelet. Pasalnya, beberapa aplikasi tersebut akan berjalan di background secara otomatis ketika kamu mencoba booting laptop. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka laptop yang kamu miliki lebih lemot daripada biasanya. Inilah salah satu penyebab laptop lemot.

Jika startup laptop yang kamu miliki sangat lambat dan membutuhkan waktu sampai 2 atau 3 menit, juga dengan masalah loading time yang lama bisa jadi adalah tanda tanda masalah laptop lemot. Untuk itu, kamu perlu mematikan beberapa startup program yang berjalan dan matikan program yang memakan banyak RAM.

Laptop Mendadak Lemot Karena Faktor Browser yang Terlalu Berat

Hal lainnya yang menyebabkan laptop menjadi lebih lambat karena browser yang cukup berat. Jika kamu membuka banyak jendela pada browser dan mengakses banyak situs sekaligus, maka memberikan kerja berat pada RAM.  Oleh karena itu, usahakan untuk tidak membuka tab terlalu berlebihan saat menjalankan browser.

Sebagai bahan pertimbangan, pilihlah browser-browser yang tidak memakan terlalu banyak RAM laptop. Atau jika bisa, sebaiknya kamu melakukan upgrade pada RAM laptop kamu. Hal ini merupakan salah satu langkah cara mempercepat kinerja laptop agar tidak lemot.

Selain itu, kami anjurkan kamu untuk melakukan cleaning pada system browser kamu. Bisa kamu lakukan dengan cara manual langsung pada browsernya. Atau bisa dengan menggunakan aplikasi agar laptop tidak lemot.

Jarang Melakukan Update Operating System Penyebab Laptop Lemot

Pengguna laptop, perlu rutin memperbarui sistem operasinya ketika menggunakan laptop. Aspek ini sangat penting untuk diperhatikan agar memperbaiki kekurangan kekurangan yang ada pada OS tersebut. Jika kamu jarang melakukan update, maka hal ini bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot ketika kita operasikan.

Itulah beberapa informasi yang harus anda tahu kenapa laptop bisa lemot ketika kita gunakan. Penyebabnya ada bermacam macam, mulai dari jarang update OS, browser yang terlalu berat, startup yang terlalu banyak, sampai dengan masalah pada hardisk. Untuk mengatasinya, kenali terlebih dahulu bagaimana penyebab hal tersebut.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close