Cara Melihat Password Wifi di Windows 10 Paling Mudah dan Cepat

Daftar Isi

Cara Melihat Password Wifi di Windows 10 Paling Mudah dan Cepat
Cara Melihat Password Wifi di Windows 10 Paling Mudah dan Cepat


Jika Anda seperti saya, Anda mungkin memiliki banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda. Itu tidak masalah ketika semuanya bekerja sebagaimana mestinya, tetapi jika ada sesuatu yang tidak beres-seperti ada orang lain yang mencoba terkoneksi atau salah satu perangkat Anda offline-itu bisa jadi sulit untuk menemukan pelakunya. Salah satu cara yang saya temukan yang membantu adalah dapat melihat kata sandi yang disiarkan secara kasat mata pada Windows 10.


Klik ikon Network (Jaringan) di sudut kanan bawah layar Anda, kemudian klik Network Setting (Pengaturan Jaringan)


Langkah pertama adalah meng-klik ikon Network (Jaringan) di sudut kanan bawah layar Anda. Ini akan memunculkan menu tarik-turun, dari situ Anda harus memilih Network Settings. Sekarang Anda akan melihat dua tab di bagian atas jendela ini: Wi-Fi dan Ethernet (jika Anda terhubung melalui koneksi kabel). Klik pada salah satu opsi ini.


Klik untuk Mengubah opsi adaptor


Buka Windows Settings dengan mengklik tombol di sudut kanan bawah layar Anda. Kemudian, Klik Network & Internet > Wi-Fi. Lalu, Klik pada jaringan Anda, kemudian klik tombol Connect. Jika diminta, masukkan kata sandi Anda untuk terhubung.


Klik kanan pada Wi-Fi dan pilih Status dari menu tarik-turun


Pada desktop Windows 10, gerakkan penunjuk mouse Anda ke sudut kanan bawah layar Anda dan klik kanan pada ikon Wi-Fi. Pada Menu drop-down Status akan muncul yang menunjukkan detail tentang jaringan Anda yang terhubung, termasuk opsi bagi Anda untuk melihat kata sandinya. Lalu, Klik pada opsi itu untuk melihat apa yang tertulis di sana!


Pergi ke Wireless Properties (Properti Nirkabel)

Anda dapat melihat kata sandi WiFi pada Windows 10 dengan melakukan hal berikut:

  • Klik tombol Wireless Properties (Properti Nirkabel) di bilah tugas Anda.
  • Klik tab Security (Keamanan), lalu klik Show characters (Tampilkan karakter).


Beralih ke tab Security (Keamanan)


Untuk melihat kata sandi, beralih ke tab Security. Tab security hanya tersedia jika jaringan dienkripsi. Jika Anda menggunakan jaringan yang tidak aman atau hotspot wifi publik, opsi ini tidak akan tersedia bagi Anda untuk melihat kata sandi Anda.


Centang kotak Show characters (Tampilkan karakter) untuk melihat kata sandi


Anda juga dapat melihat kata sandi dalam pengaturan lanjutan. Akses dengan mengklik koneksi jaringan Anda dan kemudian meng-klik Properties. Di sini, Anda akan melihat daftar semua opsi yang tersedia untuk koneksi jaringan Anda. Sekarang klik pada tab Properties untuk mengakses semuanya. Anda akan dapat mengetahui kata sandi Anda dari sana juga.


Kelebihan Mengetahui Cara Melihat Password Wifi di Windows 10


Mengetahui cara melihat kata sandi Wifi di Windows 10 itu penting, karena Anda dapat menggunakan informasi ini untuk berbagai alasan. Misalnya, jika komputer Anda telah terinfeksi oleh virus yang mencuri data pribadi Anda dan mengirimkannya ke server jarak jauh, Anda ingin mengubah kata sandi jaringan sehingga penyerang tidak dapat mengaksesnya lagi. 


Atau, jika anda tidak yakin apakah ada orang lain yang menggunakan koneksi nirkabel anda (yang bisa menjadi masalah karena berbagai alasan), maka mengetahui kata sandi mereka bisa membantu menentukan siapa yang bertanggung jawab atas aktivitas yang mencurigakan.


Penting juga untuk diingat bahwa berbagi kata sandi dengan orang lain bisa berisiko karena mereka mungkin menyalahgunakan informasi ini atau menyalahgunakannya dengan cara lain. Bahkan, Anda tidak hanya tidak boleh membagikan kata sandi wifi Anda tetapi juga melacak perangkat mana saja yang terhubung ke perangkat Anda di rumah atau kantor sehingga tidak ada orang lain yang menggunakannya tanpa izin.


Anda bisa melakukan ini dengan menggunakan pengelola kata sandi atau alat lain yang melacak hal-hal ini untuk Anda. Anda juga bisa menyiapkan akun terpisah untuk setiap orang yang menggunakan jaringan wifi Anda, sehingga siapa pun yang mencoba masuk akan ditolak aksesnya.


Dengan mengingat hal-hal ini, Anda dapat memutuskan apakah aman untuk membagikan kata sandi wifi Anda dengan teman dan anggota keluarga. Jika mereka adalah orang-orang yang dapat dipercaya, maka mungkin tidak apa-apa.


Pastikan saja untuk melacak perangkat mana yang terhubung ke jaringan Anda setiap saat dan menyiapkan akun terpisah untuk setiap orang yang menggunakan koneksi wifi Anda sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya tanpa izin.


Jika Anda tidak nyaman dengan berbagi kata sandi wifi Anda, maka ada cara lain untuk mengizinkan orang lain mengakses internet. Misalnya, Anda bisa menyiapkan hotspot pada ponsel Anda dan membiarkan orang lain terhubung melalui itu. Dengan cara ini, mereka tidak akan dapat mengakses apa pun di jaringan Anda.


Kami harap kami dapat membantu Anda memahami cara melihat kata sandi Wi-Fi Anda pada Windows 10. Kami tahu ini mungkin sedikit berlebihan pada awalnya, tetapi selama Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan baik-baik saja! Semoga berhasil!

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar