Tips Penanganan Sesak Napas yang Kambuh secara Mendadak

Tips Penanganan Sesak Napas yang Kambuh secara Mendadak - Penyakit sesak napas merupakan kondisi di mana mengalami kesulitan dalam bernapas atau tidak cukup udara untuk kebutuhan bernapas. Asap merupakan salah satu yang menyebabkan suplai udara bersih menipis sehingga berakibat sesak napas. Selain itu, sesak napas juga bisa terjadi karena debu maupun asap yang tidak sehat. Namun, tidak hanya itu masih banyak faktor yang menyebabkan sesak napas. Ketika terjadi sesak napas yang terkadang timbul kejang pada penderita sangat perlu ditangani. Akan tetapi tidak setiap orang mengetahui cara menangani hal tersebut. Anda tidak perlu khawatir, silakan simak tips penanganan sesak napas yang bisa kambuh secara mendadak. 

Penanganan sesak napas merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh siapa saja.Gangguan sesak napas bisa dikarenakan faktor obesitas, berolahraga terlalu berat, suhu tempat yang terlalu ekstrem, dan berada pada daerah dengan ketinggian tertentu. Namun, gangguan sesak napas juga bisa disebabkan oleh faktor gangguan kesehatan antara lain pilek, alergi, asma, tuberkulosisi, keracunan karbon monoksida, pneumonia (paru-paru basah), kanker paru-paru, penyakit paru obstruktif kronik, gagal jantung, serangan jantung, dan lain-lain. Berdasarkan kondisi yang telah disebutkan yang sering memicu terjadinya sesak napas yaitu asma, penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan jantung.Sesak napas yang disebabkan oleh faktor tersebut biasanya terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Tips Penanganan Sesak Napas yang Kambuh secara Mendadak

Penanganan sesak napas yang menimbulkan kejang yang bisa berakibat pada kematian jika tidak diberi pertolongan awal. Perhatikan tips penanganan pada orang yang mengalami sesak napas adalah sebagai berikut.

1. Memberikan Lingkungan yang Nyaman dan Tenang serta Kondisi Udara Bersih

Apabila terjadi sesak nafas pada orang sekitar Anda pertama-tama berikan lingkungan yang tenang dan jangan sampai dikerumuni oleh banyak orang. Karena semakin banyak orang yang mengerumuni udara akan menjadi pengap dan oksigen menjadi sedikit sehingga akan memeperburuk sesak napas.

2. Melakukan Posisi Setengah Duduk

Tips kedua penanganan gangguan sesak napas yaitu  segera mungkin berikan posisi tidur setengah duduk (45º   –  90º) dengan cara diberi bantal. Posisi ini membantu paru – paru lebih mudah untuk mengembang sehingga oksigen bisa masuk secara maksimal.

3. Membimbing untuk Napas Dalam dan Panjang

Bimbinglah orang yang mengalami sesak napas untuk melakukan napas dalam dan panjang. Cara untuk melakukan hal ini yaitu minta orang tersebut untuk menarik napas sedalam mungkin  instruksikan untuk menahan napasnya selama 3 detik lalu minta untuk menghembuskan napasnya melalui mulut secara perlahan. Perlu diketahui bahwa cara ini jangan dipraktikan pada orang yang sesak napas karena adanya suatu sumbatan misalnya dahak. Jika orang tersebut berdahak yang cukup banyak sehingga mengganggu proses pernapasannya berikan minum air hangat dan minta untuk batuk.

4. Menghindari Alergen

Sesak nafas yang disebabkan karena asma biasanya terjadi karena adanya suatu alergi misalnya terhadap udara dingin atau debu.Bila sesak nafas sudah terjadi bisa memberikan obat bronchodilator agar jalan nafas kembali normal.Konsultasikan untuk obat yang akan dibeli dengan dokter terlebih dahulu..

5. Membawa Paien ke Tenaga Medis

Bila sesak napas tidak dapat segera teratasi segera bawa ke tenaga medis untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Itulah beberapa tips penanganan sesak napas yang kambuh secara mendadak. Ada begitu banyak faktor penyebab sesak napas maka perlu sekali untuk berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Apalagi kesehatan pada organ vital seperti paru-paru dan jantung sebagai mesin utama pernapasan yang wajib dijaga kesehatannya agar tidak menyebabkan sesak napas yang berkepanjangan.Jagalah kesehatan se bisa mungkin.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel