Tiga Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Daftar Isi
Manfaat jagung bagi kesehatan tubuh sangat beragam, hal ini karena jagung mengandung sumber vitamin B, tiamin, niacin, asam pantonenat (B5), dan folat yang baik. Nutrisi pada jagung juga sangat banyak, berkisar 10 – 19 persen kebutuhan harian dapat terpenuhi oleh jagung, selain itu kalori yang di dapat dari jagung berkisar 85 kilokalori pada tiap 100 gram.

Begitu banyaknya manfaat jagung untuk kesehatan tubuh, sehingga jagung masih di lestarikan hingga saat ini, untuk mendapatkannya tidaklah sulit, dan tentunya harganya juga tidak mahal, sehingga semua kalangan dapat memanfaatkan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui apa saja keunggulan, lihat saja kandungan dari biji yang bisa dijadikan aneka menu ini.

Tiga Manfaat Jagung Untuk Kesehatan


Tiga Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Kandungan pada jagung sangat bermanfaat bagi kesehatan, di dalam jagung mengandung beberapa mineral yang di butuhkan oleh tubuh seperti magnesium dan fosfor, selain mengandung mineral, jagung juga banyak mengandung serat, tentunya manfaat dari jagung tersebut sangat membantu manusia untuk menjaga kesehatannya dan mengurangi resiko terhadap terserang berbagai jenis penyakit.

Banyaknya kandungan senyawa yang berguna untuk tubuh membuat jagung memiliki banyak manfaat, adapun manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi jagung yakni :

Mengatasi Konstipasi

Umumnya seseorang yang mengalami masalah konstipasi atau sembelit di sebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu sering makan – makanan yang cepat saji, memiliki jadwal pola makan yang tidak teratur dan sehat, dan juga makanan yang di konsumsi tidak mengandung serat, pada kandungan jagung sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit, sebab pada jagung banyak mengandung serat, makanan jenis ini merupakan obat pencahar alami yang baik untuk membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan tersebut.

Selain itu olahan jagung juga dianggap efektif untuk mengatasi konstipasi adalah popcorn atau berondong jagung, namun dalam olahan tersebut tidak dicampurkan dengan garam dan mentega, tujuannya untuk mendapatkan khasiat dari jagung tersebut secara utuh dan dapat memberikan manfaat yang maksimal. jagung dan popcorn termasuk dalam kelompok padi-padian utuh, Menambahkan porsi padi-padian utuh dalam diat adalah solusi efektif dalam mengatasi sembelit.

Mengatasi Depresi

Selain menjadi kunci untuk mendapatkan fisik yang sehat, makanan yang kaya nutrisi juga baik untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Meski nutrisi atau diet tertentu yang bisa menyembuhkan depresi belum ada, namun penelitian yang sudah ada menunjukkan bahwa nutrisi yang baik mempunyai kaitan dengan kesehatan mental seseorang.

Salah satu sumber makanan yang memiliki fungsi tersebut adalah padi-padian utuh. Jagung sendiri termasuk salah satu jenis makanan kelompok padi-padian utuh. Dari padi-padian utuh, kita dapat mendapatkan karbohidrat kompleks, vitamin B, dan asam lemak omega 3 sebagai nutrien-nutrien esensial yang dibutuhkan otak.

Namun sekali lagi, jagung tidak bisa melakukannya sendirian. Aneka nutrisi yang berasal dari jenis-jenis makanan lain juga tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan otak.

Membantu menurunkan resiko terkena diabetes dan mengontrol gula darah

Jagung termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga baik untuk Anda yang mengalami prediabetes, suatu keadaan yang menunjukkan Anda berisiko mengalami diabetes mellitus tipe 2. Bagi penderita diabetes, sebaiknya memilih sumber karbohidrat dengan bijak karena karbohidrat dapat menaikkan gula darah. Sumber karbohidrat yang didapatkan dari sayuran yang mengandung pati dapat menjadi salah satu pilihan yang baik, contohnya jagung. Pilihan lainnya adalah kentang, lobak, dan pisang.

Beberapa manfaat jagung di atas mungkin masih memerlukan penelitian lanjutan guna memperkuat teori yang dibangun. Meski demikian, ada baiknya mulai sekarang jangan memandang remeh jagung yang sering dianggap makanan kampung ini.

Posting Komentar