4 Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS yang Cocok Untuk SMA

Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS yang Cocok Untuk SMA - Penjurusan merupakan suatu hal yang akan kalian temui ketika masuk ke bangku SMA. Hal ini dilakukan agar pelajar dapat lebih mudah mempelajari pelajaran yang disukainya atau diminatinya. Tak jarang dalam memilih jurusan, masih banyak murid yang bingung. Kebanyakan dari mereka bingung karena belum memiliki ilmu bagaimana memilih jurusan yang cocok untuk mereka jalani selama di bangku SMA. Pemilihan jurusan yang salah, membuat mereka menjadi terpaksa dan dibawah tekanan ketika belajar. Tak jarang jika hal ini terjadi, membuat mereka frustasi dan akhirnya pindah jurusan lagi. Tentunya pindah jurusan bukan hal yang mudah. Mereka yang pindah jurusan akan mengejar pembelajaran yang tertinggal.

4 Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS yang Cocok Untuk SMA


Sedangkan jika kamu memilih jurusan yang tepat antara IPA atau IPS , membuat kamu akan bersemangat dalam belajar. Karena kamu tidak merasa terpaksa dan dibawah tekanan. Pemilihan yang tepat akan membantu kamu untuk menemukan passion kamu di sekolah. Dan perlu kamu ketahui bahwa pemilihan jurusan dapat mempengaruhi kamu dalam memilih jurusan ketika masuk kuliah nanti. Sadar akan pentingnya pemilihan jurusan yang tepat, Kangtips.com akan memberi tips tentang memilih jurusan IPA atau IPS yang cocok untuk SMA.

1. Perhatikan Minat dan Passion Kamu

Minat sangat berpengaruh ketika kamu memilih jurusan. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang tidak kamu sukai. Jika hal ini terjadi, bisa dibayangkan kamu akan menjalani hari hari mu pada jurusan yang salah. Bisa bisa bakat kamu tidak bisa berkembang dan otomatis berpengaruh terhadap nilai-nilai yang akan kamu dapatkan. Menentukan jurusan sesuai minat juga harus didasari dengan data data kamu sebelumnya alias nilai nilai saat di SMP. Tetapi nilai nilai tersebut juga jangan  dijadikan satu patokan saja. Kamu bisa searching di internet apa saja yang akan kamu hadapi di kedua pilihan jurusan tersebut. Kalau kamu masuk IPA, jurusan ini lebih cenderung ke hitungan, logika dan ilmu pasti. Dan pelajaran yang kamu hadapi seperti kimia, fisika, biologi, dan matematika khusus. Apakah pelajaran ini di SMP kamu sukai ? apakah nilai di pelajaran ini kamu cukup baik ?. Jangan dipaksakan jika kamu tidak cocok dengan ke 4 pelajaran ini, karena pelajaran inilah yang sangat berpengaruh di jurusan IPA.

Sedangkan jika kamu masuk ke IPS, pelajaran pelajaran yang membutuhkan pengetahuan dan hafalan sangat dominan di jurusan ini. Seperti sejarah, sosiologi, ekonomi, dan geografi. Seringkali jika kamu masuk di jurusan ini, menjelaskan, menghafal, dan menjawab dengan lisan menjadi makananmu sehari - hari. Untuk passion, pengertian singkatnya adalah sesuatu yang kamu kerjakan tetapi tidak merasa bosan, lelah, dan bahkan kamu akan terus mencari-cari sesuatu yang berhubungan dengan hal tersebut. Passion merupakan sarana yang paling kuat untuk menjadikan mu orang yang sukses. Jika kamu sudah mendapatkan passion mu dimana, kembangakan dan kejarlah. Keluarkan semua kemampuan mu. Passion juga berhubungan dengan pemilihan jurusan. Jika kamu tidak suka dengan yang namanya hitung hitungan dan logika seperti di pelajaran fisika atau matematika, berarti passion kamu bukan di IPA melainkan di IPS. Sedangkan jika kamu merasa mudah ketika menghafal, dan mencari hal hal yang berhubungan dengan sejarah, sosial, bisnis, dan geografi, berarti passion kamu berada di IPS. Pilihlah jurusan sesuai minat dan passion kamu untuk memudahkan kamu dalam menerima pelajaran sehari-hari di sekolah.

2. Hilangkan Semua MITOS

Pasti kalian sudah tau bukan mitos mitos yang ada di IPA dan IPS. Anak IPA sering dianggap lebih pintar dan tidak nakal. Sedangkan anak IPS malah sebaliknya sering dianggap sebagian brandalan, nakal, dan kurang pintar. Ingat ! ini semua hanya mitos. Pandangan itu semua tergantung pada siswa tersebut sendiri. Tidak semua anak IPS itu brandalan dan nakal. Anak IPA pun juga tidak semuanya baik. Jangan sampai mitos ini menghalangi kamu dalam memilih jurusan. Ini pilihan kamu jangan pikirkan orang lain yang mempengaruhi kamu. Maksudnya disini saran saran orang lain itu harus difilter sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

3. Berhubungan dengan Jurusan Kuliah

Jurusan kuliah harus anda pikirkan matang matang. Perbedaan antara IPA dan IPS akan mempengaruhi kamu dalam memilih jurusan saat ingin memasuki dunia perkuliahan. Misalnya jika kamu ingin memasuki jurusan pertambangan dan kedokteran, kamu harus memilih jurusan IPA di SMA. Karena kamu akan mempelajari sedikit dari dasar dasar jurusan pertambangan dan kedokteran di jurusan IPA SMA. Sedangkan jika kamu mau memasuki jurusan seperti akuntansi dan manajemen, kamu lebih baik masuk ke jurusan IPS walaupun sebenarnya bisa lintas jurusan dari IPA ke IPS. Lintas jurusan sendiri tidak di rekomendasikan oleh admin karena akan membuat kita mempelajari jurusan tersebut dari awal lagi.

4. Percaya dan Yakin

Semua keputusan yang akan kamu pilih harus berdasarkan keyakinan dan kepercayaan yang tinggi. Kenapa kita harus mendasari keputusan dengan hal ini ? supaya ada motivasi yang kuat dibalik keputusan tersebut. Sehingga kamu menjalani keputusan dengan enjoy dan bisa menjalaninya dengan sepenuh kemampuanmu. Yakinlah jurusan yang kamu pilih merupakan keputusanmu yang paling tepat. Selanjutnya kamu tinggal menjalaninya dengan sepenuh kemampuanmu hingga menggapai prestasi yang gemilang. Percaya dan yakin terhadap dirimu sendiri membuat kamu mampu mengembangkan segala potensi yang terdapat didalam diri kamu.

Demikianlah artikel tentang Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS yang Cocok Untuk SMA. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu yang sedang menjalani proses masuk ke dunia SMA. Jangan lupa untuk berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan. 

0 Response to "4 Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS yang Cocok Untuk SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel