Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertimbangan dalam Memilih Daftar Nama Bayi

Daftar nama bayi banyak dicari karena setiap orang tua ingin memberikan nama terbaik bagi anak-anak mereka. Nama dianggap berpengaruh terhadap kepribadian anak tersebut. Apalagi hal ini diperkuat dengan pendapat beberapa psikolog. Mereka sependapat bahwa nama akan berpengaruh terhadap anak yang bersangkutan nantinya. Misalnya bagaimana kepribadiannya, kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana orang lain menilai terhadap si pemilik nama yaitu anak itu sendiri.

Baca Juga : 7 Jenis makanan yang di hindari untuk di konsumsi bayi

Pertimbangan dalam Memilih Daftar Nama Bayi


Hanya saja bisa jadi beberapa orang tua tidak terlalu mempertimbangkan apabila ternyata nantinya ketika sekolah anak tersebut memiliki enam teman dengan nama yang sama di kelasnya. Atau menjadi bahan tertawaan teman-temannya di sekolah dan lainnya. Itulah sebabnya saat memberikan nama anak sebaiknya mempertimbangkan arti atau makna nama tersebut sehingga akan membuat mereka bangga dengan nama mereka.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Pertimbangkan hal berikut saat memberikan nama

Karena pemberian nama akan berpengaruh seumur hidup terhadap anak tersebut maka dalam memberikan nama tentu saja harus bersikap bijak. Jika belum mengetahui makna nama-nama anak maka bisa bertanya terhadap orang tua, mencari melalui website untuk mencari alternatif nama anak Anda. Ada beberapa hal yang perlu diingat pada saat memberikan nama untuk anak Anda, antara lain :

  • Sebaiknya memberikan nama yang baik dan indah.
  • Hindari nama yang dapat menjadi bahan celaan, ejekan atau cemoohan orang lain.
  • Hindari nama-nama yang bermakna negatif misalnya bermakna pesimis
  • Berikan nama panggilan yang unik dan mudah diucapkan pula untuk anak kecil. Hal ini untuk mempermudah anak Anda ketika menyebutkan nama mereka pada saat belajar berbicara.

Cari daftar nama-nama untuk bayi Anda

Ketika Anda akan memberi nama untuk bayi Anda maka ada baiknya jika Anda banyak mencari tahu tentang nama-nama yang akan digunakan. Misalnya melalui buku nama anak atau searching melalui situs pencarian seperti Google yang akan memudahkan pencarian Anda. Untuk nama laki-laki tentu berbeda dengan nama bayi perempuan, hanya saja ada beberapa nama yang memang cocok digunakan untuk bayi laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga : Definisi Bayi Mewakili Perasaan Kasih Sayang

Ketika Anda sudah memberikan nama untuk anak Anda pastikan juga memberikan nama panggilan yang sama baiknya dengan nama yang telah diberikan. Karena ada kalanya nama panggilan yang diberikan justru terdengar lucu dan akhirnya menjadi bahan celaan nantinya.

Anda bisa memberikan nama panggilan yang diambil dari nama depan, tengah atau nama belakangnya. Bisa juga singkatan atau kependekan dari nama lengkapnya.

Ada pula yang ingin sederhana memberi nama untuk anak mereka hanya satu kata misalnya Yusuf, Ibrahim dan Muhammad yang berarti yang terpuji dan nama lainnya. Nama yang singkat tentu mempermudah panggilan dan juga memudahkan orang lain untuk mengingatnya. Daftar nama bayi memang diperlukan ketika Anda benar-benar membutuhkannya.