Menikmati Pesona Tabir Surya dari Puncak Gunung Ebulobo

Daftar Isi

 

Menikmati Pesona Tabir Surya dari Puncak Gunung Ebulobo
Puncak Gunung Ebulobo

Siapa yang tidak kenal Flores ? Selain terkenal dengan wisata baharinya, Flores juga memiliki gunung yang sangat eksotis bagi para pendaki.


Lalu, apa nama gunung tercantik di Flores? Menurut para pendaki, Gunung Ebulobo. Gunung Ebulobo adalah salah satu gunung tipe A yang berada di Lombok.


Tepatnya, lokasi Gunung Ebulobo berada di Kabupaten Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur.


Ketinggian dari Gunung Ebulobo berkisar sekitar 2149 Meter Di atas Permukaan Laut, dan berada pada zona graben serta dikelilingi gunung - gunung api tua lainnya.


Rute Pendakian Gunung Ebulobo


Hal pertama yang wajib kamu lakukan, yaitu mendatangi Rumah ketua desa untuk meminta izin agar dapat mendaki ke Gunung Ebulobo.


Setelah izin diberikan, lalu, kamu juga harus mencari tour guide lokal yang berada di sekitar daerah Gunung Ebulobo itu sendiri.


Tidak sulit untuk menemukan tour guide yang akan membimbing kita mendaki melalui jalur pendakian di Gunung Ebulobo.


Tarif Tour Guidenya pun beragam, asalkan kalian dapat bernegosiasi secara sopan dan ramah. 


Tidak ada patokan khusus untuk harga guide ke Puncak Gunung Ebulobo.


Pada perjalanan awal pendakian, kalian akan disajikan dengan jalur yang berkontur rata serta akan melalui perkebunan milik penduduk sekitar.


Setelah sekitar satu jam, maka energi kalian akan diuji, kalian akan melewati hutan yang rindang, nan gelap. 


Maka sebelum pendakian, wajib hukumnya jika membawa peralatan minum yang cukup.


Daya Tarik Gunung Ebulobo


Gunung Ebulobo merupakan salah satu gunung tertinggi nan terindah di daratan Flores. 


Di puncak Gunung Ebulobo, terdapat lautan awan yang membentang, tak percaya ? Silakan datang ke Gunung Ebulobo.


Gunung Ebulobo ini tergolong masih sangat sepi, sebab, kurangnya iklan serta promosi yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat.


Salah satu destinasi wajib bagi rekan - rekan pendaki, sebab Ebulobo termasuk dalam gunung idaman baik wisatawan lokal maupun mancanegara.


Fasilitas Yang Ada di Gunung Ebulobo 


Pemerintah Daerah belum terlalu memerhatikan serta mengolah potensi daya wisata Gunung Ebulobo, oleh karena itu, belum adanya fasilitas resmi di daerah kawasan Gunung Ebulobo.


Di kaki gunung atau di awal jalur pendakian Gunung Ebulobo, terdapat warung penduduk sekitar yang menjual aneka makanan, minuman, serta peralatan pendakian ke Gunung Ebulobo.


Oleh sebab itu, ketika berada di kota besar, persiapkanlah peralatan yang akan digunakan untuk berwisata ria ke Gunung Ebulobo.


Tips Pendakian ke Gunung Ebulobo


1. Pastikan badan anda fit selalu, sebab, bagi yang belum terbiasa mendaki ke Gunung, akan merasakan kedinginan, oleh karena itu, siapkan diri dan stamina supaya fit dan tetap bugar.


2. Selalu mencari tahu informasi seputar Gunung Ebulobo, baik dari internet, majalah, buku atau bahkan wisatawan yang pernah berkunjung ke sana.


3. Meminta Izin, kalian dapat meminta izin baik izin dari kepala desa, maupun kepada penjaga pos satu Gunung Ebulobo. Wajib hukumnya sebelum mendaki Gunung Ebulobo.


4. Membawa peralatan yang cukup, peralatan mandi, makan, minum, serta peribadatan wajib kalian pikirkan dan persiapkan.


5. Hargailah alam, menghargai alam di sekitar Gunung Ebulobo dengan cara tidak merusaknya, tidak melakukan aksi vandalisme, tidak menentangnya dan lainnya. 

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar