Mau Jadi Apa Kamu Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan? Yuck, Simak Jawabannya!

Pustakawan Barru#Buat Rekan-rekan Pustakawan Se Indonesia.. Jangan Pesimis, tetap bersabar !!

Menampik dari berbagai pertanyaan yang salah satunya "Mau jadi apa kamu kuliah jurusan Ilmu Perpustakaan?

Jawabannya cukup sederhana:

Kuliah Ilmu Perpustakaan tak sekedar mempelajari buku, begitu pun lulusan ilmu perpustakaan. Lulusan ilmu perpustakaan tidak didesain untuk menjadi seorang penjaga buku-buku tua, berdebu, di ruang sepi dengan muka yang “angker”. Kalau anda masih berpikiran seperti itu, sudah saatnya Anda buang jauh-jauh pikiran yang demikian itu. Seorang lulusan ilmu perpustakaan diharapkan mempunyai kompetensi sebagai manajer informasi. Di era informasi ini ledakan informasi semakin besar, oleh karena itu dibutuhkan pengelola yang memiliki pengetahuan dan kemampuan khusus di bidang ilmu perpustakaan dan informasi dan itulah pustakawan.
Mau Jadi Apa Kamu Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan? Yuck, Simak Jawabannya!
Foto Admin Pas Masih Kuliah S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka

Peluang kerja lulusan ilmu perpustakaan terbuka lebar dengan disahkanya Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan. Pengesahan Undang – undang No. 43 Tahun 2007 itu menunjukan meningkatnya perhatian pemerintah terhadap sektor manajemen informasi. Sampai saat ini masih ada ribuan perpustakaan sekolah, perpustakaan umum, perpustakaan khusus (instansi) dan perpustakaan perguruan tinggi yang belum memiliki pengelola dengan pendidikan formal ilmu perpustakaan, khususnya yang berkualifikasi S1. Selain jadi pustakawan lulusan ilmu perpustakaan bisa juga menjadi arsiparis atau apes-apesnya jadi juragan percetakan, ingat kita dapat mata kuliah preservasi dan konservasi dan terbitan buku juga.

Apa cukup sampai disitu? 

Tentu saja tidak. Itu tadi yang berhubungan perpustakaan dan arsip, padahal kita dapat matakuliah yang sarat dengan teknologi informasi. Berbekal ilmu teknologi informasi yang matang kita bisa bekerja sebagai programer, web designer, atau pun pengelola database. Dalam mengelola database, lulusan ilmu perpustakaan mempunyai nilai plus tersendiri. Hal ini karena ia lebih mampu dalam mengindeks dokumen-dokumen yang ada, dengan pengindeksan yang bagus proses temu kembali informasi akan lebih mudah dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

Terus bagi yang ingin tetap bekerja di bidang perpustakaan bagaimana? Masak ilmu teknologi dan informasinya dianggurkan? Tentu saja tidak. Sekarang sudah jaman teknologi, begitu pun perpustakaan. Banyak perpustakaan yang sudah terautomasi dengan menerapkan teknologi informasi di perpustakaan. Dan hebatnya lagi hampir setiap perpustakaan mengembangkan perpustakaan digital khususnya perpustakaan perguruan tinggi atau perpustakaan yang dikelola pemerintah.

Ada lagi nilai plus kuliah ilmu perpustakaan, Anda dapat menyebarkan berbagai ilmu kepada semua orang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sungguh mulia bukan? satu hal lagi, Anda punya peluang besar untuk mengembangkan diri karena Anda akan selalu berinteraksi dengan begitu banyak informasi. Lulusan program studi S1 Ilmu Perpustakaan juga berpeluang untuk melanjutkan ke jenjang S2, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Kalau menurut Anda ini sebuah peluang, maka jadilah Anda orang yang pandai memanfaatkan peluang.

Saya di sini tidak bermaksud untuk mempromosikan Jurusan Ilmu Perpustakaan di salah satu perguruan tinggi. Saya hanya ingin memberikan gambaran mengenai dunia perpustakaan dan ilmu perpustakaan khususnya untuk teman-teman Facebook yang ingin memilih jurusan kuliah. Bagi Anda yang belum mempunyai pilihan, jurusan ilmu perpustakaan sangat direkomendasikan, dan bagi Anda yang sudah mempunyai pilihan lain, Anda bisa mempertimbangkan lagi jurusan ini. Dan bagi anda yang merasa “nyasar” kuliah ilmu perpustakaan jangan takut, Anda tersasar di jalan yang benar. Dimanapun kuliahnya yang penting, SOLID! [Science of Library and Information Departement].

0 Response to "Mau Jadi Apa Kamu Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan? Yuck, Simak Jawabannya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel