Wow! Ternyata Ini 9 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil dan Menyusui

9 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Kurma yang biasanya hanya banyak beredar di bulan puasa itu ternyata punya banyak manfaat untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Simak selangkapnya…

Kurma memang sudah sangat akrab bagi umat Islam utamanya menjelang ramadhan. Karena memang di Indonesia kurma ini identik dengan makanan saat buka puasa atau oleh-oleh orang pulang dari Haji. Karena memang masih langka, maka pantaslah di Indonesia buah ini sangat istimewa. Kurma yang tergolong dalam jenis palm ini pohonnya mirip-mirip dengan sawit, namun buahnya bertangkai seperti pinang. Setelah mengungkap tentang kacang hijau sebagai nutrisi untuk ibu hamil, kali ini kita akan bahas berbagai manfaat buah kurma untuk ibu hamil maupun ibu menyusui.


Wow! Ternyata Ini 9 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kurma sendiri telah dibudidayakan di Arab sejak ribuan tahun yang lalu, sekitar 6000 tanun SM. Buah yang nama arabnya adalah Tamr dan memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini merupakan salah satu makanan pokok di Arab. Beda halnya di negeri kita, maka kurma hanya dijadikan sebagai makanan tambahan atau camilan. Selain itu ada juga yang mengolahnay menjadi berbagai makanan lain yang belum ada di Arab. Misalnya diolah menjadi dodol, kue hingga dibuat menjadi minuman.


Simak Juga : Kisah Rasulullah Tidak Bisa Tidur Semalam Suntuk Karena Sebutir Kurma

Kandungan Penting Dalam Buah Kurma

Tak hanya karena rasanya yang manis, kurma digemari banyak orang juga karena berbagai manfaatnya. Gizi yang terdapat dalam kurma sangatlah tinggi. Berikut ini merupakan data gizi yang terdapat dalam buah kurma. Dalam setiap 100 gram kurma, terdapat Air (18.27), Energi, Vitamin A, Protein (2.81 g), Vitamin B1(0.046 mg), Karbohidrat (66.78 g),Vitamin B2 (0.059 mg), Serat (7.1 g), Vitamin B3 (1.134 mg), Gula (56.38 g), Vitamin B5 (0.525 mg).

Kandungan total lemaknya adalah 0.35 g, Vitamin B6 (0.147 mg), Lemak jenuh (0.0028 g), Vitamin B9 (17 mcg) MUFA (0.0032 g), PUFA (0.017 g), Vitamin C (0.4 mg), Kolesterol, Vitamin E (0.04 mg). Ada juga Vitamin K(2.4 mcg), Kalsium (35 mg), zat besi (0.91 mg), beta karoten (5 mcg), magnesium (38 mg), fosfor (55 mg), kalium (484 mg), lutein dan zeaxantin (67 mcg), sodium (2 mg), dan seng (0.26 mg).


9 Manfaat Utama Kurma Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Melihat begitu banyak kandungan nutrisi dan mineral serta vitamin dalam buah kurma, maka pantaslah kurma memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil maupun menyusui. Nah, berikut ini diantaranya, 9 manfaat kurma untuk ibu hamil, janin dan ibu menyusui.


1. Kurma Menambah energi

Kadar glukosa dalam buah kurma sangat baik untuk tubuh. Glukosa inilah yang diolah oleh tubuh menjadi energi untuk beraktivitas. Karena keseharian ibu hamil membutuhkan energi yang lebih untuk melakukan berbagai aktivitas, maka buah kurma akan sangat bermanfaat untuk menambah energinya.


2. Kurma Baik Untuk Merangsang Saraf

Kurma mengandung kalium yang manfaatnya adalah bisa meningkatkan rangsangan pada saraf pusat. Dengan begitu maka akan menambah kecerdasan anak serta mempertajam daya ingat. Ini tentu saha sangat baik untuk ibu hamil, janin, maupun anak-anak saat nanti menyusu. Bila ibu hamil atau menyusui mengonsumsi kurma, maka janin atau bayi akan mendapat juga nutrisinya.


3. Kurma Menguatkan tulang

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah bisa menguatkan tulang si janin. Karena ketika masih bayi tulang memanglah sangat rapuh. Dengan berbagai nutrisi dalam kurma, maka tulang bayi akan menjadi kuat.


4. Kurma Membantu pembentukan gigi

Manfaat kurma untuk janin selain menguatkan tulang adalah juga membantu pembentukan gigi. Kandungan kalsium di dalam kurma sangat tepat untuk merangsang tumbuhnya gigi pada janin. Nah, agar gigi bayi Anda tumbuh cepat maka sang ibu sebaiknya mengonsumsi buah kurma saat hamil maupun ketika sudah menyusui


5. Kurma Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Saat kehamilan, biasanya para ibu sering mengalami masalah anemia atau kurang darah. Ini disebabkan berbagai faktor. Sementara itu manfaat kurma untuk ibu hamil dalam hal ini adalah mampu menambah dan memnuhi kebutuhan asupan gula untuk ibu hamil.


6. Kurma Menjaga Kesehatan Pencernaan Ibu Hamil

Saat kehamilan ibu hamil juga sering mengalami masalah pencernaan. Misalnya sembelit.nah, salah satu manfaat kurma yang terpenting untuk ibu hamil adalah untuk menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi buah kurma, maka ibu hamil akan terbebas dari masalah pencernaan.


7. Kurma Menangkal Racun

Kurma juga bermanfaat sebagai penangkal racun. Kandungan vitokimia dan zat anti oksidan di dalamnya merupakan kandungan yang ampuh untuk melindungi ibu hamil dari racun.


8. Kurma Melancarkan ASI

Selama kehamilan, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi kurma sebagai persiapan untuk menyusui bayi. Kandungan homon oksitosin dalam buah kurma sangat berguna untuk merangsang agar ASI menjadi lancar.  Hormon tersebut juga menyebabkan proses persalinan menjadi lancar.


9. Kurma Memulihkan Tenaga Setelah Melahirkan

Manfaat kurma yang tak kalah penting untuk ibu hamil dan menyusui adalah untuk pemulihan tenaga. Saat proses melahirkan maupun setelah melahirkan ibu membutuhkan tenaga yang ekstra. Kandungan gula alami dalam kurma akan sangat berguna untuk menghasilkan energi dan stamina yang diperlukan ibu hamil.

Demikianlah 9 manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui yang sangat penting. Untuk para ibu hamil tetaplah menjaga kondisi kesehatan dengan konsumsi makanan sehat. Semoga bermanfaat. Baca Juga : Tips Yang Perlu Anda Ketahui dalam Memulai Bisnis Kurma

0 Response to "Wow! Ternyata Ini 9 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil dan Menyusui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel