Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

 

manfaat air putih

Air putih merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh. Hal ini karena memang sebagian besar dari organ tubuh manusia terbuat dari air. Hanya saja, karena air putih tidak mempunyai rasa alias tawar, banyak orang yang malah memilih untuk mengkonsumsi minuman-minuman yang beraneka rasa, padahal sebenarnya khusus air putih kita dianjurkan untuk mengkonsumsinya paling tidak 2 liter perhari atau setara dengan 8 gelas per harinya. 


Angka tersebut terbilang cukup tinggi, karena tubuh kita memang membutuhkan air agar tidak mengalami dehidrasi. Apabila kamu mengkonsumsi air putih secara cukup atau sesuai dengan standar yang ditentukan, yakni 8 gelas perhari, maka semua organ-organ tubuh akan berfungsi secara maksimal, sehingga kamu bisa menjalani semua aktivitas dengan mudah. Tak hanya itu saja, bahkan air putih juga bisa membantu berbagai organ-organ tubuh. 


Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat air putih bagi kesehatan yang meski kamu tahu.
Manfaat air putih yang pertama adalah dapat memaksimalkan performa fisik. Performa fisik bisa cukup berdampak apabila tubuh kamu mengalami dehidrasi. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, terutama jika kamu sering berolahraga. Tak heran jika kemudian atlet bisa kehilangan 6 sampai 10% cairan di tubuhnya melalui keringat yang keluar, sehingga hal ini dapat menyebabkan berubahnya suhu tubuh. Adanya peningkatan rasa lelah ketika olahraga akan semakin terasa berat, mulai dari fisik ataupun mental, hingga dapat menurunkan motivasi, karena dehidrasi dapat memberikan efek yang nyata ketika kamu memang kehilangan cairan di dalam tubuh lebih dari 2%. 


Manfaat air putih yang kedua adalah dapat mencegah dan mengatasi sakit kepala. Tatkala kamu kekurangan air putih atau cairan dalam tubuh, maka ada banyak sekali keluhan-keluhan yang kamu rasakan, salah satunya adalah sakit kepala. Hal ini disampaikan oleh sebuah jurnal pada tahun 2004 yang mengungkapkan bahwa air putih mempunyai manfaat untuk mengurangi sakit kepala terhadap orang-orang yang mengalami dehidrasi. Tak hanya itu saja, bahkan studi lain mengatakan bahwa air putih bukan hanya mempunyai efek yang kuat terhadap frekuensi, tetapi juga dapat mengurangi keseringan dan durasinya. 


Manfaat air putih selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan kulit. Ada 60% jaringan yang ada di dalam tubuh kita terdiri dari air, salah satunya adalah sel-sel kulit. Maka apabila kamu kurang mengkonsumsi air putih, maka proses fisiologi akan terganggu di dalamnya, termasuk sel-sel kulit, sehingga kulit kamu akan langsung mengalami dehidrasi dan terlihat kusam hingga kering.


Manfaat air putih yang terakhir adalah dapat menjaga suhu tubuh. Manfaat  mengkonsumsi air putih lainnya adalah bisa menjaga suhu tubuh. Tatkala kamu kehilangan cairdan dalam tubuh dalam bentuk keringat yang berlebih ketika melakukan berbagai aktivitas fisik dan posisi sedang berada di lingkungan yang panas, maka keringat tersebut akan menjaga tubuh kamu agar tetap dingin.
Hanya saja suhu tubuh kamu bisa saja meningkat apabila kamu tidak segera mengganti cairan yang telah hilang. Maka apabila keringat kamu terlihat berlebihan daripada biasanya, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih jauh lebih banyak ya, agar tubuh kamu tidak dehidrasi dan semua cairan yang hilang bisa terganti. 


Memang, hal ini terlihat sangat sepele, namun pada faktanya apabila kamu mengabaikan hal ini ada beberapa penyakit yang bisa saja kamu rasakan selain dari dehidrasi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup ya.

Ilmu Hadis
Ilmu Hadis Ilmu hadis merupakan salah satu jurusan yang mulai diminati oleh banyak calon Mahasiswa.

Posting Komentar untuk "Beberapa Manfaat Air Putih Bagi Tubuh"